Demo Kantor Bupati, Karyawan Smelting Tuntut Keadilan

0
252 views
Karyawan PT Smelting menggelar aksi demo di Kantor Pemkab Gresik. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Gresik menggelar aksi demo di Kantor Bupati Gresik, Rabu (26/4/2017). Demo itu terkait pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh PT Smelting.

“Kedatangan kami ke Kantor Bupati sama halnya saat datang (demo) di instansi lain. Kami menuntut keadilan di PT. Smelting ditegakkan,” kata Wakil Ketua Serikat Pekerja Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) PT. Smelting, Ali Rifai.

Dalam kesempatan itu, perwakilan buruh ditemui langsung oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto. Kepada Bupati, Rifai menyatakan bahwa mogok kerja yang dilakukan karyawan sah dan tidak melanggar Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Karena itu, ia menyayangkan PHK sepihak yang dilakukan pihak PT. Smelting yang dianggapnya tidak sesuai prosedur. “Dari pertemuan itu, Bupati Sambari Halim Radianto berjanji pada Selasa, 2 Mei tahun 2017, mendatang akan mempertemukan semua pihak terkait di Kantor Bupati,” ujarnya.

Para pihak dimaksud adalah PUK SPL FSPMI Smelting, Direksi Smelting, Bupati Gresij, Kapolres Gresik, serta Kepala Disnakertrans. “Pada pertemuan itu akan dibahas soal perselisihan karyawan dan manajemen Smelting,” pungkasnya. (wan)