4.000 Warga Bawean Terima Sertifikat Tanah Gratis

Wakil Bipati Gresik Moh. Qosim saat menyerahkan sertifikat tanah Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di Kepulauan Bawean, Gresik, Selasa (26/3/2019). (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik menargetkan pengurusan sertifikat tanah sebanyak 61.000 bidang tanah pada 2019. Upaya itu diharapkan tuntas pada Juni mendatang, sesuai dengan arahan Kakanwil Pertanahan Provinsi Jawa Timur.

Target tersebut disampaikan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik Asep Heri saat menghadiri penyerahan sertifikat tanah Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di Kepulauan Bawean, Kabupaten Gresik, Selasa (26/3), bersama Wakil Bupati Gresik Moh.Qosim.

Menurut dia, jika Bulan Juni mendatang dapat terselesai sesuai peraturan yang berlaku, maka diharapkan pada akhir tahun 2019 mendatang terealisasi sebanyak 100.000 bidang tanah yang tersertifikasi. 

“Saat ini kami bagikan 4.000 sertifikat tanah program PTSL di Kepulauan Bawean, masing-masing di Kecamatan Tambak dan Kecamatan Sangkapura,” ujar Asep.

Sementara itu, Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim menekankan agar sertifikat tanah sebagai surat berharga dijaga dengan baik, sehingga nantinya bisa digunakan untuk peningkatan ekonomi.

Orang nomor dua di Kabupaten Gresik itu juga berharap agar sertifikat tersebut digunakan sebaik-baiknya.

“Sertifikat ini, digunakan sebaik-baiknya untuk yang berdaya guna ekonomi. Namun jangan digunakan untuk gaya hidup saja, prioritaskan kebutuhan sekarang dan masa depan diatas keinginan pribadi,” kata Qosim.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Moh. Qosim bersama Kepala Pertanahan Kabupaten Gresik Asep Heri menyerahkan secara simbolis kepada 25 masyarakat penerima sertifikat. (iis/abr)

No Response