Halte di Gresik Kini Dilengkapi Perpustakaan Mini

0
299 views
Salah satu halte di Gresik dilengkapi Perpustakaan mini. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Keberadaan halte di sejumlah titik yang ada wilayah Gresik kini dilengkapi dengan perpustakaan mini. Warga pun dapat membaca koleksi buku yang tersedia dalam lemari kecil di ruang publik itu, bahkan boleh dibawa pulang.

Sampai saat ini sudah ada dua halte yang dilengkapi dengan perpustakaan mini, yakni halte di Jalan Dr Wahidin dan halte di Jalan Veteran. Perpustakaan mini di tempat publik merupakan program Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gresik.

Pada tahap awal, program perpustakaan mini di ruang publik fokus pada halte-halte yang terdapat di Gresik. Setelah itu, perpustakaan akan dikembangkan ke tempat-tempat lain seperti rumah tahanan, pos kamling hingga balai RW.

“Harapannya, selama 2017 ini semua tempat publik di Gresik bisa diberi fasilitas baca. Termasuk di kota, sampai di kelurahan dan desa-desa,” kata Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat meresmikan perpustakaan mini di halte, Kamis (26/1/2017).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gresik Siti Jaiyaroh mengatakan, semua perpustakaan mini buka selama 24 jam. Lemari atau rak yang disediakan tidak ada kuncinya dan tanpa seorang penjaga.

“Boleh dibawa pulang, kalau sudah selesai kan akan dikembalikan. Kalau memang tidak dikembalikan juga tidak apa-apa, mungkin buku itu memang dibutuhkan di rumah si pembawanya,” kata Siti Jaiyaroh. (wan)