Bupati Gresik Temukan Kejanggalan Gelar Master 12 PNS

0
1,644 views
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengungkapkan bahwa hingga saat ini sudah ada sekitar 12 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemkab Gresik, yang diduga memiliki gelar tidak sesuai dengan ijazahnya.

Temuan itu diungkapkan Bupati Sambari saat membuka perpustakaan mini di halte yang ada di Jalan Veteran, Gresik, Kamis (26/1/2017). Di antara 12 PNS yang diduga menyandang gelar tak sesuai ijazah itu ada yang berstatus guru dan kepala sekolah.

Terbongkarnya temuan itu bermula ketika Bupati Gresik melihat adanya kejanggalan pemakaian gelar pada beberapa orang guru PNS di lingkup Pemkab Gresik. Seperti gelar M.M.Pd. yang seharusnya gelar tersebut cukup di tulis M.Pd.

Sambari mengaku heran ada pegawai yang tiba-tiba menyandang gelar master dengan penulisan gelar yang salah. “Kok bisa ada pegawai yang tiba-tiba memiliki gelar master, dan penulisan gelarnya juga salah,” kata Sambari.

Diduga oknum PNS yang mendapatkan gelar instan melalui jalan salah. Karena itu,
Bupati Gresik berjanji terus menelusuri beberapa PNS yang diduga menggunakan gelar tanpa melalui proses kuliah yang benar.

Semua itu dikatakan bakal terlihat jika mereka tidak bisa membuktikan hasil karya ilmiahnya berupa skripsi untuk lulusan S1, tesis untuk S2, serta disertasi bagi mereka yang menyandang gelar doktoral.

Untuk itu, semua PNS di Kabupaten Gresik diwajibkan mengumpulkan hasil karya ilmiahnya untuk disimpan di perpustakaan. Dengan demikian nantinya karya ilmiah mereka bisa dibaca masyarakat umum.

Terkait hasil karya ilmiah para PNS, Sambari meminta Kepala Dinas Perpustakaan, Siti Jaiyoroh, untuk selektif atas karya ilmiah PNS yang disetorkan sebelum dipajang di perpustakaan daerah. (amn)