AMP Extension page

Jelang Pilkada, Polisi Gresik Siapkan Operasi Cipta Kondisi

Polres Gresik menggelar Latihan Pra Operasi Cipta Kondisi Semeru 2017 menjelang Pilkada serentak 2018. (Foto: Humas Polres Gresik)

BeritaGresik.com – Mengantisipasi munculnya gejolak keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat menjelang pelaksanaan Pilkada serentak pada 2018 memdatang, Polres Gresik akan menggelar Operasi Cipta Kondisi Semeru 2017.

Hal itu disampaikan oleh Kapolres Gresik AKBP Boro Windu Danandito saat membuka pelatihan simulasi (Lat Pra) Operasi Cipta Kondisi Semeru 2017 di lantai II gedung PT Kelola Mina Laut (KLM) KIG, Gresik, Jumat (24/11/2017).

Kapolres Gresik menjelaskan, operasi cipta kondisi ini akan dilaksanakan sekitar satu bulan, dengan mengedepankan preemtif dan preventif. Di samping itu, operasi ini juga berkaitan dengan upaya pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban warga.

Dalam pelaksanaan operasi cipta kondisi, polisi akan bekerjasama dengan beberapa instansi. Hal itu terkait pemberian imbauan menciptakan situasi yang kondusif. Polisi juga akan melakukan silaturrahmi terhadap tokoh agama maupun tokoh masyarakat.

“Karena kondisi perekonomian masyarakat relatif masih rendah akan memberikan peluang kepada kelompok tertentu untuk mempengaruhi masyarakat melalui pendekatan finansial dan menanamkan doktrin tertentu, untuk melakukan kegiatan dalam rangka cipta situasi kamtibmas tidak kondusif,” kata Kapolres.

Melalui Lat Pra Ops ini, Kapolres Gresik berharap para personel yang terlibat dalam operasi, terutama Sabhara agar melaksanakan patroli untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. “Agar kita semua tetap menjaga situasi dan kondisi yang aman,” pungkas Kapolres Gresik.

Di tempat yang sama, Ketua KUPD Gresik Ahmad Roni memaparkan, bahwa saat ini pihaknya baru selesai melaksanakan pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), sehingga para Kapolsek sudah dapat melaksanakan koordinasi terkait perkembangan Pilgub Jatim 2018.

Selain itu, saat inj KPUD Gresik juga tengah melaksanakan tahapan verifikasi partai politik, yaitu terkait salinan foto copy E-KTP dan keanggotaan parpol. (as)

No Response