AMP Extension page

Teliti Kadar Pencemaran, Petugas Uji Sampel Air Laut di Pelabuhan Gresik

Dua petugas mengambil sampel air laut dan lumpur di Pelabuhan Gresik. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Dua orang petugas dari tim laboratorium mitra kerja Pelindo III Cabang Gresik melakukan pengambilan sampel lumpur dan air laut, serta plankton yang hidup di tepi Pelabuhan Gresik, Selasa siang (24/10/2017).

Awalnya wartawan yang mengambil foto sempat dilarang ketika kedua orang dari salah satu lab yang dipakai Pelindo III mengambil sampel. Beruntung ada salah seorang dari pihak Pelindo mengizinkan wartawan untuk mengambil gambar.

Pantauan di lapangan, tim beberapa kali terlihat mengambil air dan memasukkan ke dalam tabung plastik yang sudah disiapkan. Mereka juga mengambil lumpur di tepi kapal tongkang yang melakukan bongkar muat. Ada dua plastik ukuran sedang yang digunakan menyimpan lumpur.

Herman, salah seorang tim yang waktu itu sedang melakukan lengambilan sampel menjelaskan, bahwa ada beberapa titik pengambilan sampel air laut, lumpur dan plankton atau binatang kecil yang hidup di air yang ada di sekitar Pelabuhan Gresik.

Selain di Pelabuhan Gresik, pengambilan sampel juga dilakukan di pelabuhan khusus yang ada di Gresik. Tujuan pengambilan sampel ini untuk mengetahui kadar pencemaran air di sekitar pelabuhan. “Kan aktifitas kapal yang melakukan bongkar muat di sini banyak,” kata Herman.

Seorang staf Pelindo III Cabang Gresik yang ikut mendampingi dua orang yang melakukan pengambilan sampel untuk diuji di laboraturium menjelakan, bahwa pengambilan sampel tersebut memang rutin dilakukan setiap enam bulan sekali.

“Pengambilan sampel itu dilakukan untuk memastikan bahwa Pelabuhan Gresik masih aman,” tambah pria yang murah senyum itu. (amn/as)

No Response