Gelombang Tinggi, Belasan Tongkang Berlindung di Bawean

0
35 views
Kapal tongkang batu bara berlindung di sekitar pulau Bawean. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Gelombang tinggi dan angin kencang yang terjadi di laut Jawa dalam beberapa hari terakhir memaksa sejumlah kapal tongkang berlindung di perairan sekitar Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Berdasarkan pantauan BeritaGresik.com pada Jumat siang (25/8/2017), tanpak beberapa kapal tongkang yang biasa digunakan untuk mengangkut pasir atau batu bara merapat ke teluk, tepatnya di sebelah barat perairan Bawean, Gresik.

Pemandangan kapal-kapal tongkang yang berjejer di perairan Pulau Bawean mulai terlihat sejak dua hari terakhir. Kapal yang biasa mengangkut pasir batu bara dari Kalimanta ke Pulau Jawa itu berlindung untuk menghindar dari gelombang tinggi.

Sementara berdasarkan prakiraan cuaca yang dirilis Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kamis (24/8/2017), gelombang laut di perairan Gresik dan Pulau Bawean mencapai ketinggian sekitat 3 meter dalam beberapa hari ke depan.

Akibatnya, kapal penumpang dan kapal barang yang biasanya melayani pelayaran dari Pelabuhan Gresik ke Pulau Bawean dan sebaliknya juga berhenti beroperasi. Larangan ini diberlakukan Syahbandar demi keselamatan penumpang kapal. (abr)