Gresik Raih Penghargaan Kota Layak Anak 2017

0
30 views
Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim saat menerima medali penghargaan sebagai Kota Layak Anak kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik menerima penghargaan sebagai kota Layak anak (KLA) tahun 2017. Penghargaan tersebut merupakan kali pertama diperoleh Kabupaten Gresik.

Anugerah penghargaan KLA kategori Pratama diberikan langaung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise kepada Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim saat acara penyerahan Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2017 di Kota Pekanbaru, Sabtu malam pekan lalu.

Dalam kesempatan itu, Wabup Qosim menyampaikan terima kasih atas penghargaan KLA itu, utamanya bagi masyarakat Gresik yang telah mendukung upaya pemerintah menjadikan kota Pudak sebagai kota layak anak.

“Kami berharap penghargaan ini bisa semakin memberi semangat kepada kami untuk terus membangun dan memperbaiki kesejahteraan masyarakat,” kata Qosim, Selasa (25/7/2017).

(Foto: BG/Amn)

Kepada panitia penyelenggara Kota Layak Anak, Wabup Qosim mengaku sangat terbantu, karena selama ini banyak memberikan masukan sehingga kebijakan yang mendukung kota layak anak bisa selalu dilaksanakan dan diperbarui.

“Atas semua masukan, kami banyak melakukan perbaikan. Bagi kami, juara itu bukan tujuan, namun yang penting bagi kami dapat memperbaiki segala sesuatu yang kurang. Perbaikan menuju Gresik sebagai kabupaten layak anak ini penting karena menyangkut kebutuhan langsung masyarakat dan lingkungan,” tegasnya melalui Kabag Humas dan Protokol Suyono.

Beberapa hal yang menjadi keunggulan Gresik yaitu, tidak ada desa yang tidak punya bidan. Bahkan beberapa desa bidannya lebih dari satu. Saat ini di Gresik ada 1471 Posyandu, 241 Ponkesdes, 20 Puskesmas Rawat Inap, 12 Puskesmas Rawat Jalan, 74 Puskesmas pembantu.

Dana kesehatan yang awal masa tahun 2010 hanya Rp 5 miliar diproyeksikan menjadi Rp 135 miliar pada tahun 2018 nanti. Faktor pendukung hingga meraih penghargaan KLA yaitu, Gresik sangat bagus dalam layanan Akte Kelahiran, kesehatan dan layanan informasi anak.

Qosim berjanji kedepan pihaknya akan berupaya untuk memperbaiki prestasi ini dengan meningkatkan penghargaan KLA Pratama menjadi penghargaan KLA dengan kategori yang lebih tinggi.

“Semoga ditahun-tahun yang akan datang bisa masuk kategori di atas pratama, yaitu Madya, Nindya, Utama dan kategori kota layak anak,” harapnya.

Untuk itu, beberapa hal yang perlu diperbaiki kedepan yaitu kuantitas dan kualitas cakupan ASI eksklusif dan inisiasi menyusui sejak dini. “Ini tugas kita bersama untuk mensosialisasikan pada semua kalangan. Terutama kepada ibu-ibu yang bekerja, baik di kantor pemerintah maupun pada perusahaan swasta. (amn)