Meriahnya Malam Menyambut Bulan Ramadhan di Manyar Gresik

0
160 views
Pelepasan lampion di malam puncak menyambut bulan suci Ramadhan di Manyar, Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Masyarakat di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan penuh suka cita. Berbagai event digelar menjelang datangnya bulan suci yang diyakini penuh ampunan itu.

Malam puncak penyambutan datangnya bulan puasa pada Rabu (25/5/2017) malam di Manyar, ditandai dengan pelepasan lampion, arak-arakan obor dan tumpeng diiringi pembacaan sholawat oleh anak-anak TK, jamaah Pace Doyong.

Tak hanya itu, berbagai atraksi seperti pencak silat Tongkat Putih juga turut diperagakan pada malam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Dan yang tak kalah menarik perhatian adalah keberadan sajian kuliner khas puasa takjilan.

Anak-anak di Manyar membawa obor menyambut bulan Ramadhan. (Foto: BG/As)

Ada juga lomba menggambar, fashion show dan sejumlah perlombaan lainnya. Kegiatan itu dilaksanakan selama tiga hari oleh Arek Manyar Pecinta Alam (Armapala) dan semua warga manyar di kompleks Manyarejo, Sidomukti dan Sidorukun.

Kegiatan itu digelar berlandaskan pada keyakinan yang kuat. Seperti disebutkan dalam sebuah ayat, “barangsiapa yang bersukaria dalam menyonsong datangnya bulan Ramadhan, niscaya Allah haramkan jasadnya dari jilatan api neraka”.

Pesan wahyu agar umat Islam bersukaria dalam menyongsong bulan Ramadhan itu oleh umat muslim di Indonesia, termasuk di Gresik dikemas dalam bentuk tradisi yang sudah berlangsung turun temurun. (as)