Uji Coba Berjalan Lancar, Natuna Express Siap Beroperasi

0
319 views
Kapal cepat Natuna Express saat menjalani uji coba pelayaran dari Pelabuhan Gresik. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Setelah lama tak beroperasi karena menjalani perbaikan, kapal cepat lintas Gresik-Bawean Natuna Express menjalani uji coba, Selasa (25/4/2017). Uji coba (trial) ini dilakukan sebelum izin operasi dikeluarkan Pemkab Gresik.

Uji coba Natuna Express dilakukan melalui pelabuhan Gresik hingga sekitar Karang Jamuang, dengan disaksikan langsung oleh petugas instansi terkait, yakni Dinas Perizinan tiga orang, Dinas Perhubungan delapan orang, KSOP tujuh orang, serta dari tokoh masyarakat Bawean melibatkan Ketua Pemuda Bawean Gresik (PBG) R Zakaria.

“Tadi sudah dilakuka trial hingga Karang Jamuang, dan alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Artinya, dari instansi terkait tidak ada pesan yang harus kami tambah lagi,” kata Lukman, dari manajemen Natuna Expess.

Lukman menjelaskan, setelah uji coba ini dilakukan pihaknya tinggal menunggu surat izin operasi dari pihak perizinan dan Dishub Kabupaten Gresik untuk melayani penyeberangan lintas Gresik-Bawean.

“Mudah-mudahan secepatnya natuna sudah bisa operasi lagi, tinggal menunggu surat dari perizinan dan dishub,” ucapnya.

Ketua Pemuda Bawean Gresik (PBG) R Zakaria yang turut serta dalam perjalanan uji coba kapal Natuna Express juga berpendapat, saat ini kondisi kapal Natuna Express sudah fix dan siap melayani penyeberanagan Gresik-Bawean dan sebaliknya.

“Saya tadi memang ikut trial Natuna diundang oleh perizinan. Waktu trial tadi lancar-lancar saja sampai sekitar Karang Jamuang, semuanya fix,” terang Jaka.

Saat ini, lanjut pria yang akrab disapa Jaka itu, kondisi penyeberangan lintas Gresik-Bawean sangat membutuhkan kehadiran operator kapal, apalagi menjelang datangnya bulan puasa dan lebaran Idul Fitri.

“Sekarang ini saudara-saudara kita warga Bawean benar-benar butuh kapal, apalagi menjelang mudik puasa dan lebaran mendatang,” pungkasnya. (abr)