Revitalisasi Alun-alun Gresik Ditargetkan Selesai Akhir 2018

0
24 views
Hasil pembangunan atau revitalisasi tahap I Alun-alun Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik memastikan bakal segera melaksanakan lelang tahap II proyek revitalisasi Alun-alun Gresik dalam waktu dekat ini. Proyek senilai Rp 19,3 miliar ini ditargetkan selasai pada akhir tahun 2018.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pemkab Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan kerja keras untuk mewujudkan proyek yang bakal menjadi kebanggaan masyarakat Gresik ini.

“Saat ini lelang tahap II segera dimulai. Setelah perjanjian kinerja ditandatangani kemarin, Insyaallah Minggu depan pelaksanaan pelelangan sudah bisa dimulai. Kami sudah melakukan persiapan prosesnya,” kata Washil, Rabu (24/1/2018).

Menurut rencana awal, terang Washil, proyek pembangunan Alun-alun Gresik ini mestinya dimulai awal Juni 2017, jika mengacu pada surat Pernyataan Memulai Kegiatan (SPMK). Namun, baru bisa dimulai pada pertengahan Agustus 2017.

Menurut Washil, penyelesaian pekerjaan proyek revitalisasi alun-alun tersebut merupakan sebuah prestasi. “Bayangkan proyek sebesar itu bisa selesai dalam waktu 3,5 bulan,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya mengakui jika ada beberapa pihak yang merasa keberatan dengan pembangunan revitalisasi alun-alun tersebut. Untuk itu Washil mewaliki Pemerintah Kabupaten Gresik menyatakan permintaan maaf.

Dalam kesempatan itu, Washil juga menjelaskan tahapan pembangunan revitalisasi Alun-alun Gresik. Pekerjaan pada tahap I dilaksanakan pada tahun anggaran 2017. Total dana pada tahap I tersebut sebesar Rp 10,3 miliar.

“Memang dari rencana, dana awal proyek alun-alun tahap I dianggarkan sebesar Rp 15,4 miliar. Namun karena ada redesign dan pengurangan volume bangunan maka ada penyesuaian dana. Kelebihan itu masuk ke APBD dalam bentuk Silpa,” jelasnya.

Mengawali tahun 2018 ini, Pemkab Gresik dikatakan segera memulai pembangunan tahap II sebagai dengan total anggaran sebesar Rp 9 miliar. Dengan demikian, maka total dana pembangunan alun-alun tahap I dan tahap II sebesar Rp 19,3 miliar.

“Mungkin minggu depan sudah akan dimulai tahapan proses pelelangan. Pekerjaan yang akan dilakukan yaitu pembangunan selasar, keramik serta pekerjaan arsitektur lainnya. Didalamnya juga termasuk pekerjaan penghijauan dan taman,” paparnya.

Jika nantinya berjalan lancar, pekerjaan pembangunan alun-alun ini bisa dimulai pada Maret 2018, dan sudah bisa selesai semua pada Akhir November 2018. (sdm)