Peringatan Maulid Nabi Ala Masyarakat Bawean

0
1,358 views
Foto: BG/Abr
Foto: BG/Abr

BeritaGresik.com – Sebagian umat Muslim di dunia memperingati Maulid atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW pada hari ini, Kamis (24/12/2015), termasuk umat Islam yang terdapat di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik.

Warga Bawean memiliki tradisi yang unik saat merayakan tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW. Setiap warga datang ke masjid untuk membaca asrakalan dan mendengarkan ceramah agama.

Setiap rumah tangga menyuguhkan beragam makanan maupun perabotan yang kemas dalam beragam bentuk. Makanan itu ditaruh dalam wadah ember berukuran besar. Di dalamnya terdapat makanan seperti rengginang, dodol, telor berwarna dan ayam panggang.

Isi makanan atau perabot rumah tangga yang dijadikan “bherkat” tak mesti sama, tergantung kemampuan setiap keluarga dan kesepakatan yang dibuat. Karena terkadang di suatu desa ada pembatasan soal isi bherkat. Hal ini dilakukan guna menghargai warga yang kurang mampu.

Foto: BG/Abr
Foto: BG/Abr

Bagi warga Bawean, peringatan Maulid Nabi bukan sekadar menyuguhkan berbagai makanan khas Bawean atau untuk pamer kemampuan, melainkan sebagai bentuk syukur dan bahagia atas lahirnya baginda Nabi Muhammad SAW.

Tradisi ini sudah berlangsung sejak lama dari turun temurun. Meski terdapat sedikit perbedaan terkait isi “bherkat”. Hal ini mengikuti perkembangan zaman dan kemampuan setiap keluarga. Sebab, biaya untuk satu bherkat relatif mahal. (abr)