Datang ke Gresik, Kak Seto Ingatkan Bahaya Kejahatan Seksual pada Anak

Kak Seto (kedua dari kiri) saat menghadiri seminar “Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual Anak (GN AKSA) di gedung WEP, Gresik, Kamis (23/11/2017) malam. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Tokoh Pendidikan Anak Seto Mulyadi atau akrab disapa dengan Kak Seto mengingatkan kepada para orang tua di Gresik tentang bahaya kejahatan seksual pada anak. Tindakan pelecehan seksual pada anak dinilai memprihatinkan.

Itu disampaikan Kak Seto dalam seminar yang digelar Pemkab Gresik bertajuk “Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual Anak (GN AKSA) yang diselenggarakan di gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Kamis (23/11/2017) malam.

Dalam kesempatan itu, kak Seto berpesan kepada para orangtua agar tetap menjaga anak-anak, sehingga terhindar dari kejahatan seksual yang marak belakangan ini. Kak Seto bahkan melihat kejahatan seksual anak sangat memprihatinkan.

“Mari kita awasi anak kita, jangan sampai dibiarkan mereka menerima ajakan orang yang baru dikenal,” ujat Kak Seto.

Selain itu, Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia itu menyarankan kepada para orangtua di Gresik agar mengubah paradigma mendidik anak dengan keras. Ia menekankan agar cara mendidik anak-anak dengan keras harus mulai ditingkan.

Di tempat itu, Kak Seto mengajak anak-anak bermain lagu dan bernyanyi bersama melantunkan lagu berjudul ‘Ayo Mama’. “Sekarang kita bermain berpacu dalam melodi dan ayo kita nyanyikan bersama lagu berjudul ayo mama,” ucap Kak Seto.

Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim mengakui jika permasalahan kejahatan seksual pada anak sudah sangat mengkhawatirkan. Itu ditandai munculnya berbagai kasus yang kerap terjadi di sejumlah daerah. Sebagian besar korbannya adalah anak dan remaja.

Untuk itu, kegiatan GN AKSA ini dipandanh sangat penting dalam mengatasi berbagai permasalahan kekerasan seksual terhadap anak. “Hingga saat ini kekerasan itu jadi momok yang menakutkan dan peasalahan serius untuk segera diatasi,” kata Wabup.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) meminta kepada penegak hukum untuk memberikan hukuman yang adil bagi orangtua yang melakukan kekerasan terhadap anak. (as)

No Response