BKSDA Akan Evakuasi Buaya yang Ditangkap Warga di Bawean

Warga menangkap seekor buaya di kawasan pantai Pulau Bawean. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bawean berencana mengevakuasi buaya yang berhasil ditangkap warga di Desa Sawah Mulya, Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean, Kabupaten Gresik.

Rencananya, buaya tersebut akan dievakuasi ke Pulau Jawa menggunakan kapal Gili Iyang yang berlayar dari Pulau Bawean pada Jumat mendatang.

Kepala BKSDA RWK Bawean Nur Syamsi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian dan Koramil Sangkapura, serta Kepala Desa Sawah Mulya terkait rencana evekuasi buaya itu.

Menurutnya, semua pihak sepakat untuk membawa buaya itu ke daratan Jawa, sebab selama ini kemunculan buaya di kawasan pantai Desa Sawah Mulya diakui Nur Syamsi sangat meresahkan warga.

“Di sini tidak ada tempat panangkaran buaya, jadi semua pihak sepakat termasuk warga yang pertama menangkapnya, buaya itu harus dikirim ke Jawa,” kata Syamsi, Senin (23/9/2019).

Namun sebelum dilayarkan dengan kapal Gili Iyang, BKSDA terlebih dulu menyiapkan kandang untuk buaya. Hal itu diperlukan untuk keamanan selama perjalanan menuju lokasi yang dituju.

“Kalau memungkinkan, buaya tersebut akan kita evakuasi pada hari Selasa malam menggunakan kapal Gili Iyang, dan kita siapkan kandangnya,” imbuh Syamsi. (abr)

No Response