Jaga Ekosistem Laut, Ini yang Dilakukan Pokmaswas Tegar Jati

0
27 views
Pokmaswas Tegar Jati Telukjatidawang Bawean Gresik saat melakukan penanaman mangrove. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Berbagai upaya dilakukan oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Tegar Jati, Desa Telukjatidawang, Tambak, untuk mencegah terjadinya kerusakan wilayah pantai dan ekosistem laut di Pulau Bawean, Gresik.

Salah satunya melakukan penanaman mangrove di kawasan Pulau Cina, yakni pulau kecil di sebelah barat Pulau Bawean, Gresik. Perairan di sekitar pulau kecil ini juga dikenal memiliki terumbu karang yang indah, sehingga kerap datangi wisatawan.

“Sudah ratusan mangrove yang sudah ditanam oleh pokmas Tegar jati, dan alhamdulillah semuanya hidup, karena didukung oleh kontur tanah yang cocok,” kata Ketua Pokmaswas Tegar Jati, Salisin, di Bawean Gresik, Kamis (24/8/2017).

(Foto: BG/Abr)

Dia mengungkapkan, bibit mangrove yang ditanam pokmas yabg dipimpinnya menggunakan biaya sendiri. Sebagian juga diambilkan dari pantai terdekat, yang memang sudah ditumbuhi mangrove.

Upaya itu dibantu sejumlah mahasiswa asal Universitas Brawijaya Malang yang melakukan Praktek Kerja Magang (PKM) di Bawean. Disana, mereka juga melakukan pendampingan terhadap Pokmaswas Tegar Jati.

Selain melakukan penanaman mangrove di sekitar Pulau Cina, mereka bersama Pokmas juga meneliti jenis dan kontur tanah di sekitar Pulau Cina sehingga dapat ditemukan jenis-jenis mangrove yang cocok dikembangkan di areal tersebut.

Langkah Pokmaswas Tegar Jati konsen terhadap pemulihan kerusakan di daerah pantai dan laut merupakan sekelumit asa dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan di Pulau Bawean, Gresik. (abr)