Gelombang Tinggi, Tiga Kapal ke Bawean Tak Beroperasi

0
52 views
Suasana di Pelabuhan Bawean, Kabupaten Gresik. (Foto: Dok. BG/As)

BeritaGresik.com – Cuaca ekstrim dan gelombang tinggi kembali melanda laut Jawa. Akibatnya, tiga operator kapal penumpang rute Pelabuhan Gresik-Bawean dan sebaliknya tidak diperbolehkan berlayar oleh otoritas pelabuhan setempat.

Kepala Cabang ASDP Bawean Suhaimi mengatakan, saat ini posisi kapal KMP Giliiyang berada di Paciran Lamongan. Kapal belum mendapatkan izin berlayar dari Syahbandar setempat karena gelombang tinggi.

Berdasarkan informasi yang didapat dari BMKG, menurut Suhaimi gelombang tinggi di laut Jawa diperkirakan terjadi hingga lima hari ke depan.

“Gili Iyang tidak dapat izin berlayar dari Syahbandar Paciran, karena gelombang tinggi, dari edaran BMKG gelombang tinggi sampai tanggal 27. Mudah-mudahan akhir Agustus ini cuaca sudah membaik,” kata Suhaimi, Kamis (24/8/2017).

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Lukman, pihak dari managemen Natuna Express. Posisi kapal Natuna yang saat ini berada di Pelabuhan Bawean masih menunggu kabar cuaca dari Syahndar setempat untuk bisa berlayar ke Gresik.

“Memang kapal saat ini tidak ada yang berangkat karena cuaca ekstrim diperkirakan hingga lima hari ke depan, tapi bila sewaktu-waktu cuaca membaik kapal siap berangkat,” pungkas Lukman. (abr)