KKN UM Berikan Cek Kesehatan Gratis untuk Warga Gresik

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) memberikan cek kesehatan kepada warga Desa Serah, Panceng, Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) bekerjasama dengan Puskesmas pembantu Desa Serah, Panceng, Gresik, mengadakan aksi sosial pengecekan kesehatan gratis kepada warga setempat, Jumat (22/6/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Serah, Panceng, Gresik, ini juga memberikan sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Hal itu dilakukan mengingat rendahnya pemahaman masyarakat tentang program JKN-KIS.

Ketua pelaksana acara program KKN UM Mohammad Iqbal Al Rusyd mengatakan, kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut merupakan salah satu program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UM di desa Serah.

Program ini dilakukan berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan mahasiswa yang tergabung dalam KKN Gresik. Survei menunjukkan banyak masyarakat Serah yang tidak mengetahui fungsi dan manfaat dari program pemerintah JKN-KIS.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan program dari pemerintah tentang kesehatan JKN-KIS serta memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada di desa,” tutur Iqbal.

Menurut Iqbal, kegiatan sosialisasi kesehatan JKN-KIS dan pemeriksaan kesehatan gratis ini diperuntukan bagi masyakat umum. Tidak hanya lansia, tapi juga remaja hingga anak-anak ikut kegiatan sosialisasi sebagai ajang pencegahan penyakit dini.

“Kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat desa Serah secara umum untuk melakukan pengecekan tensi darah, kolestrol, asam urat, dan gula darah secara gratis,” jelasnya.

Selain sosialisasi JKN-KIS dan pemeriksaan kesehatan gratis, kegiatan ini juga didukung dengan pemutaraan video terkait kesehatan, khususnya dalam mengurangi dan mencegah tingginya kadar kolestrol dalam tubuh, serta bagaimana cara hidup sehat.

“Menurut saya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, apalagi kegiatan seperti ini tidak pernah ada di desa serah.” tutur Mudhofa, salah satu peserta sosialiasi JKN-KIS dan cek kesehatan gratis. (wzp/as)

No Response