Serunya Malam Takbiran di Pulau Bawean

0
616 views
Tradisi malam takbiran di Pulau Bawean. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Malam takbiran Idul Fitri menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat di Pulau Bawean, Gresik. Ada satu kegiatan seru yang ditampilkan oleh masyarakat setempat, yakni takbir keliling sambil mengarak sebuah miniatur.

Kegiatan ini diikuti oleh hampir setiap dusun yang ada di sejumlah desa. Untuk di Kecamatan Tambak Bawean, setidaknya ada dua tempat yang setiap tahunnya mewadahi kegiatan tersebut, yakni di Desa Tambak dan di Desa Telukjatidawang.

Di dua tempat tersebut, masyarakat dari tiap desa maupun tingkat dusun mengarak miniatur dalam beragam bentuk, seperti miniatur masjid, binatang, pesawat tempur dan bentuk lainnya. Semua itu adalah buah dari hasil kreatifitas warga setempat.

(Foto: BG/As)

Mereka rela patungan demi menampilkan kreasi terbaiknya. Bahkan, menurut Musbaha, warga Telukjatidawang, ada di antara miniatur yang dilombakan sampai menghabiskan dana hingga Rp 4 juta. “Di dusun kami itu habis Rp 4 juta,” ujarnya.

Serunya, hampir seluruh masyarakat di sana hadir menyaksikan pertunjukan tersebut. Ribuan warga tumpah ruah ke jalan-jalan. Mereka berjejer di belakang miniatur dari dusun atau desanya masing-masing sambil melantunkan takbir.

Tradisi ini rupanya sudah berlangsung cukup lama. Selain sebagai ajang adu kreatifitas, tujuan kegiatan ini tak lain untuk memeriahkan malam takbiran Idul Fitri. Di sisi lain, hasil karya mereka juga dinilai oleh tim juri yang ditunjuk pihak panitia.

(Foto: BG/Abr)

Ada sejumlah kriteria yang dinilai oleh tim juri, di antaranya nilai estetika pada setiap bentuk miniatur yang dibuat, kekompakan peserta pengiring, serta berbagai kreatifitas lainnya. Setelah itu, tim juri berembuk dan menentukan pemenangnya. (as)