Sempat Tak Kebagian Tiket, Puluhan Pemudik ke Bawean Akhirnya Bisa Ikut Berlayar

0
455 views
Pelayaran terakhir KMP Gili Iyang rute Gresik-Bawean sebelum Lebaran. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Sekitar 100 lebih pemudik tujuan Pulau Bawean akhirnya bisa bernafas lega setelah Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik AKBP Capt. Hermanta mempersilahkan mereka ikut berlayar bersama KMP Giliiyang, Jum’at (24/6/2017) malam.

Sebelumnya, mereka sempat tidak kebagian tiket kapal KMP Giliiyang yang dikabarkan habis sesuai kapasitas yang ada. Selain it,  juga terdapat sejumlah calon penumpang yang dianulir lantaran tiket tak sesuai identitas bersangkutan.

Beruntung, mereka akhirnya diperkenankan melakukan pendaftaran ulang guna mencocokkan identitas calon penumpang dengan nama yang tertera pada tiket kapal.

(Foto: BG/Abr)

Keputusan itu diambil menurut Capt. Hermanta setelah mengkaji dan mempertimbangkan aspek keselamatan para penumpang.

Jaminan keamanan dan keselamatan itu menurut Capt. Hermanta berdasarkan jumlah alat keselamatan dan jumlah inflatable extra, yaitu kapal yang dapat menampung jika menghadapi keadaan bahaya.

“Yang pertama kita harus bisa menjamin masyarakat itu bisa berlayar dengan aman dan selamat,” jelasnya.

Setelah meneliti dan memperhitungakankan itu semua, dapat diketahui jumlah kapasitas muat KMP Giliiyang sebanyak 340 penumpang.

“Kapasitas muat yang ada untuk kapal Giliiyang ini sebanyak 340, karena tidak ada muatan kendaraan dan kemungkinan ini sudah kita perhitungkan sejak jauh hari,” pungkasnya. (abr)