Mau Mudik Gratis Naik Kapal Laut ke Bawean? Begini Caranya

Pelabuhan di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengadakan mudik gratis ke berbagai kota dan kabupaten di Jawa Timur. Pemerintah juga menyediakan satu armada kapal bagi pemudik tujuan Pulau Bawean, Gresik.

Kabid Angkutan Dishub Kabupaten Gresik Rony Soebiantoro mengatakan, warga yang ingin mudik gratis dengan kapal laut ke Pulau Bawean harus mendaftar sendiri ke kantor Dishub di Jalan Lamongan Bunder Gresik dengan membawa kartu identitas.

Calon pemudik gratis ke Pulau Bawean bisa mendaftarkan anggota keluarganya, namun harus dibuktikan bahwa yang bersangkutan masih punya hubungan kekerabatan yang tertera dalam satu KK.

“Nanti akan kita bicarakan lagi, kalau harus mewakili keluarganya harus dibuktikan dengan KK (Kartu Keluarga), “kata Rony ditemui di kantornya, Rabu (23/5/2018).

Rony menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan kapasitas pemudik yang bisa terlayani, karena masih menunggu hasil lelang dari Dishub Jatim. Jika pemenang tender sudah diketahui, tinggal menghitung kapasitas penumpang kapal dikali jumlah trip.

“Sekarang masih lelang di Dishub Jatim, kapal apa yang akan mengangkut pemudik gratis ke Pulau Bawean,” pungkasnya.

Pendaftaran mudik gratis dengan kapal laut tujuan Pulau Bawean terus dibuka hingga kuota terpenuhi sesuai kapasitas kapal. Hingga berita ini ditulis per tanggal 23 Mei 2018, tercatat sudah ada 367 pendaftar yang akan ikut mudik gratis. (abr)

No Response