Ini 4 Maklumat Kapolres Gresik Sikapi Isu Penculikan Anak

0
172 views
Kapolres Gresik AKBP Boro Windu Danandito saat mengecek senpi anggota Polres Gresik. (Foto: Dok. BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Kapolres Gresik AKBP Boro Windu Danandito mengeluarkan maklumat menyikapi isu penculikan anak dan penjualan organ yang berhembus belakangan ini. Isu ini telah membuat para orang tua resah, termasuk di Gresik.

Ada 4 maklumat yang dikeluarkan Kapolres Gresik. Pertama, menyatakan bahwa isu yang berkembang di wilayah hukum Polres Gresik tentang maraknya penculikan anak merupakan berita palsu atau bohong dan hoax, yang dengan sengaja dibuat oleh pihak tertentu untuk membuat keresahan masyarakat serta mengganggu keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Gresik.

Kedua, Polres Gresik bekerjasama dengan tiga pilar, tokoh agama, tokoh masyarakat serta seluruh lapisan masyarakat dalam meningkatkan patroli dalam upaya memelihara keamanan dan ketertiban.

Ketiga, diimbau kepada masyarakat agar tidak mudah terpancing dan terprovokasi terhadap isu-isu tidak benar, sehingga berakibat terhadap tindakan/pelanggaran hukum dan atau main hakim sendiri, yang dapat dikenakan pasal 170 atau 330 KUHP.

Keempat, Polres Gresik akan menindak tegas kepada pelaku penyebar informasi hoax melalui media sosial atau aplikasi pesan instan yang menimbulkan keresahan masyarakat yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 pasal 45 dan 45A tentang penyebaran berita bohong.

Demikian isi maklumat Kapolres Gresik menyikapi maraknya kabar tentang penculikan anak dan penjualan organ di media sosial. Empat maklumat Kapolres Gresik tersebut diterbitkan dengan surat bernomor: Mak/01/III/2017. (as)