Warga Kebomas Gresik Antusias Nonton Film G30S/PKI

0
67 views
Ratusan warga antusias menyaksikan pemutaran film G30S/PKI yang diadakan Koramil Kebomas, Gresik. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com –┬áRatusan warga Kebomas, Gresik, malam ini (23/9/2017), antusias menonton pemutaran film G30S/PKI. Kegiatan nonton bareng ini diselenggarakan oleh Koramil Kebomas di gedung serbaguna RW 3 Randuagung.

Pemutaran film Gerakan 30 September yang dilakukan oleh PKI di Kebomas ini merupakan kali pertama pasca reformasi. Warga yang terdiri atas orang tua, pemuda dan anak-anak antusias menyaksikan film dokumenter yang sudah lama tak diputar itu.

Bilgis, salah seorang warga Gresik kota yang hadir bersama anaknya mengaku senang bisa nonton kembali film sejarah yang berisi tentang kekejaman PKI itu. Ia sengaja menonton bersama anaknya supaya mengetahui sejarah bangsa ini.

“Dulu saya terakhir nonton film G30S/PKI pada waktu SMA. Senang sekali karena sekarang film pemberontakan PKI yang telah membunuh beberapa jenderal kembali di putar,” kata Bilgis sambil mencari tempat duduk lesehan.

Madren, warga RT 08/RW 03 Randuagung menilai, pemutaran film G30S/PKI sangat penting karena akan membuat warga khusunya anak muda mengetahui sejarah tentang peristiwa pemberontakan yang dilakukan oleh PKI pada tahun 1965.

“Saya harap film tentang pemberontakan Partai Komunis Indonesia setiap tahin bisa diputar seperti zaman dulu,” harapnya.

Sementara itu, Kapten Arh Suli, Komandan Koramil Kebomas, Gresik mengaku puas karena antusias warga sangat tinggi. Lewat film ini diharapkan agar warga bisa lebih waspada dengan ajaran PKI karena bertentangan dengan nikai Pancasila.

“Selanjutnya kita akan memutar film G30S/PKI di beberapa tempat yang ada di kebomas sesuai dengan perintah Panglima,” ujar Suli. (amn)