TP PKK Merangin Belajar Terapkan PHBS ke Gresik

0
34 views
Maria Ulfa Sambari saat mendampingi Ketua TP PKK Kabupaten Merangin berkeliling desa Sambogunung. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Sebanyak 236 anggota TP PKK Kabupaten Merangin berkunjung ke ke Desa Sambogunung, Kecamatan Dukun, Gresik. Kedatangan mereka untuk belajar Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diterapkan di Sambogunung.

Seperti diketahui, Desa Sambogunung, Dukun, pernah meraih prestasi sebagai desa yang berhasil menerapkan PHBS. Karena itu, Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Merangin Provinsi Jambi tergiur untuk mengunjungi desa Sambogunung.

Kedatangan mereka, Rabu (23/8/2017), dipimpin Ketua TP PKK Merangin Hesnidar Haris didampingi Wakil Ketua TP PKK Emi Minarsih Khafid bersama anggota TP PKK desa se-Kabupaten Merangin. Mereka ramai-ramai berkunjung ke Sambogunung.

Kedatangan ratusan anggota TP PKK se-kabupaten Merangin disambut oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto bersama Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Maria Ulfa Sambari. Tanpak juga Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Gresik Zumrotus Sholichah Qosim serta para kader PKK.

Ketua TP PKK Merangin Hesnidar Haris mengatakan, kedatangannya beserta rombongan ke Gresik untuk belajar tentang PHBS di desa Sambogunung. Disamping itu juga untuk peningkatan kapasitas Ketua TP PKK se-Kabupaten Merangin.

“Kami ingin belajar terkait penerapan PHBS di desa Sambogunung ini. Kami penasaran, apa saja program-program yang diterapkan sehingga desa Sambogunung ini mampu meraih prestasi di tingkat Nasional,” kata Haris.

Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Maria Ulfa mengajak para rombongan untuk berkeliling desa Sambogunung. Dia juga menjelaskan 10 indikator Rumah Tangga ber-PHBS. Antara lain Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi ASI ekslusif, menimbang balita setiap bulan.

“Menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di setiap rumah seminggu sekali, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktifitas fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah,” papar Ulfa Sambari.

Ulfa Sambari berharap program-program yang dicanangkan di desa Sambogunung terkait PHBS dapat diterapkan di Kabupaten Merangin dan Kabupaten-kabupaten lainnya. Sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat. (iis/as)