Satpol PP Gresik Tertibkan Bangunan Tak Berizin

0
31 views
Satpol PP Gresik melakukan penertiban terhadap bagunan yang tak berizin. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Dinas Satuan Polisi Pamung Praja (Satpol PP) Gresik gencar malukan penertiban terhadap bangunan dan reklame ilegal yang berdiri di sejumlah titik. Tindakan ini dilakukan untuk menggenjot peningkatan perolehan pajak daerah.

Penertiban itu salah satunya dilajukan di Jalan Sumatera Gresik Kota Baru (GKB) Gresik pada Rabu (23/8/2017) siang. Di lokasi itu, Dinas Satpol PP Pemkab Gresik berhasil menghentikan pengerjaan bangunan yang belum mengantongi izin.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Suyono menjelaskan, bangunan yang ditertibkan Satpol PP Gresik itu sudah dikerjakan sekitar 40%. Rencananya, bangunan teraebut akan dipakai untuk membuka rumah makan.

“Namun kerena proses perizinannya belum beres, maka pihak Dispol PP Gresik menghentikan proses pembangunannya. Selanjutnya kepada pihak pemilih bangunan tersebut untuk segera menyelesaikan perizinannya,” terangnya.

Selain bangunan tak berizin, Dinas Satpol PP Gresik juga menurunkan sebanyak 40 unit reklame, serta banner sepanjang 50 meter yang dipasang di Perumahan Garden Hill Sidojangkung Menganti.

“Memang di sana akan ada kegiatan, tapi sampai sejauh ini pihak pelaksana kegiatan belum menyelesaikan proses perizinannya. Makanya pihak Dispol PP langsung mengamankan,” ujar Suyono.

Kejadian ini disesalkan oleh Suyono. Upaya penertiban menurutnya tidak perlu terjadi jika pihak penyelenggara selalu taat azas dan aturan. Pemerintah dikatakan tidak aka menghentikan pembangunan jika saja mereka mengurus ijin sebelum dibangun.

“Selanjutnya, Bupati Gresik tidak akan tinggal diam, suatu saat Pak Sambari akan turun langsung dan ikut serta dalam penertiban. Hal ini seperti yang pernah dilakukan pada beberapa saat yang lalu,” pungkasnya. (as)