Antusiasme Warga Bawean Tinggi, Bandara Perlu Berbenah

0
43 views
Bandara Harun Thohir Bawean. (Foto: Dok. BG/As)

BeritaGresik.com – Antusiasme masyarakat Bawean menggunakan transportasi udara terus meningkat. Bahkan pada hari-hari biasa tidak sedikit calon penumpang kesulitan mendapatkan tiket pesawat. Hal ini membuktikan, kebutuhan masyarakat akan transportasi udara begitu besar.

Saat ini, rute penerbangan dari Bandara Harun Thohir di Bawean, Gresik, menuju Bandara Internasional Juanda Surabaya menjadi jalur penerbangan dengan jumlah penumpang tertinggi untuk kategori penerbangan perintis di Pulau Jawa.

Antusiasme warga ini terlihat dari grafik penumpang selama enam bulan terakhir sejak Februari hingga Juli 2017. Jumlah penumpang dari Bandara di Bawean, Gresik menuju Juanda Surabaya dan sebaliknya terus mengalami peningkatan.

Grafik penumpang yang melalui Bandar Udara Harun Thohir Bawean dalam kurun waktu enam bulan terakhir. (Foto: BG/Abr)

Tingginya minat masyarakat Bawean menggunakan moda transportasi udara ini melampaui penerbangan perintis lainnya yang ada di Pulau Jawa, seperti Babdara Trunojoyo Sumenep dan Karimun Jawa.

Pada bulan Juli 2017 jumlah penumpang pesawat untuk tujuan Bawean-Surabaya mencapai 179 orang. Sementara di bulan yang sama jumlah penumpang dari Karimun Jawa tujuan Surabaya 115 orang dan Sumenep-Surabaya hanya 38 orang.

Kepala Satuan Pelayanan bandara Harun Thohir Bawean Jufri mengakui antusiasme warga Bawean terhadap moda transportasi udara masih tetap tinggi, meski saat ini jadwal penerbangan Bawean-Surabaya ada penambahan menjadi tiga kali seminggu.

“Apalagi kapasitas pesawat hanya mampu menampung 15 penumpang. Memang seringkali tiket pesawat Bawean-Surabaya full, kapasiatas hanya 15 penumpang,” terang Jufri di Baweaan, Rabu (23/8/2017).

Ketua Asosiasi Kepala Desa Tambak Salim Agung mengatakan, tingginya minat penumpang itu menunjukkan bahwa sudah saatnya pemerintah memikirkan rencana perpanjangan landasan pacu segera terealisasi agar pesawat besar bisa masuk.

“Pemerintah perlu segera mengambil langkah serius untuk menambah perpanjangan run way,” ujarnya. (abr)