Santri Bawean Ini Kembali Raih Juara Lomba Kitab Kuning

0
421 views
Sholihan meraih juara 3 dalam musabaqoh Kitab Kuning tingkat nasional yang digelar Garda Bangsa di Jakarta. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Sholihan Bin Abdul Ghoffar, Santri Mambaul Falah Tambilung, Sukaoneng, Tambak Bawean, Gresik kembali meraih juara dalam musabaqoh kitab kuning yang digelar Garda Bangasa di Kantor DPP PKB, Sabtu (22/7/2017).

Dalam lomba kitab kuning tingkat nasional kali ini, Sholihan meraih juara 3 untuk kategori Nadhom Imrithi. Sebelum menjadi finalis musabaqoh tingkat nasional, ia meraih juara 1 zona 4 tingkat Provinsi Jawa Timur dan memdapat hadiah umrah.

Keikutsertaan Sholihan dalam lomba kitab kuning tingkat nasional dibenarkan olrh Abdul Halim, pria yang ikut mendampingi Sholihan selama berada di Jakarta. Sebelum mengikuti lomba, siswa kelas XII MA Mambaul Falah itu sempat jatuh sakit.

“Dia sempat sakit dan kurang enak badan. Meskipun dalam kondisinya kurang sehat, Sholihan tetap berupaya mengikuti lomba, dan bisa tampil di musabaqoh dengan sangat baik. Sholihat tanpak begitu lancar saat mengikuti musabaqoh,” tutur Halim.

Sementara itu, Ketua Dewan Koordinasi Nasional (DKN) Garda Bangsa Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan, rangkaian acara perlombaan ini telah berlangsung selama enam bulan. Lomba itu awalnya diikuti 3.800 peserta dari 28 zona seluruh Indonesia, hingga tersisa 216 finalis santri.

Dari informasi yang dihimpun, Sholihan berasal dari Dusun Tanjung Kemah, Desa Kumalasa, Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. Dalam kesehariannya, Sholihan dikenal sebagai pria yang sangat rajin membaca kitab.

Selain rajin membaca dan menghafal kitab, selama ini Sholihan ternyata cukup aktif mengikuti kegiatan bahtsul masail atau diskusi kragamaan. Tidak hanya itu, ia juga dikenal cukup vokal ketika dalam forum. Sholihan juga hafal Alquran juz 30 dan juz 1. (amn)