Tahun Ini, Pemkab Gresik Siap Operasikan Bus Sekolah

0
821 views
Ilustrasi bus sekolah
Ilustrasi bus sekolah

BeritaGresik.com – Tak lama lagi siswa dan siswi di Gresik bakal dilayani oleh bus sekolah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik menargetkan bus gratis ini mulai beroperasi pada tahun 2016.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyatakan, untuk tahap awal pihaknya siap menyediakan sebanyak lima armada bus sekolah. Namun, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan menambah jumlah itu hingga dua kali lipat.

“Tahun ini harus operasi. Bus sekolah gratis. Armadanya sementara saya siap lima. Sesuai kebutuhan, kalau ini lancar nanti kita tambah lagi, bisa dua kali lipat kita tambah,” kata Sambari kepada wartawan di Gresik, Rabu (23/3/2016).

Menutut dia, rencana pengoperasian bus sekolah masih akan dibicarakan dengan instansi terkait, di antaranya pihak organda, Dinas Perhubungan (Dishub), Polisi Lalu Lintas (Polantas) serta pihak dari Dinas Pendidikan (Dindik) Gresik.

Keberadaan bus sekolah ini diduga bakal mendapat penentangan dari pihak pengusaha angkot (Organda). Karena itu, Sambari meminta kepada para sopir maupun pengusaha angkot agar bisa menerima keberadaan bus sekolah itu.

“Jadi ini nanti minta ketulusan kepada pihak organda dan sopir angkot. Sopir angkot itu operasinya kan sehari penuh, sedang anak sekolah itu hanya pagi hari dan menjelang pulang. Itupun tidak semuanya akan naik bus,” ucap Sambari.

Keberadaan bus sekolah ini diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik kepada siswa-siswi di Gresik. Selain itu, tujuan pengoperasian bus ini agar tidak banyak anak SMP yang belum saatnya memiliki SIM membawa motor sendiri. (wan)