Klenteng di Gresik Mulai Bersolek Jelang Imlek

0
339 views
Klenteng Kim Hin Kiong di Gresik. (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2568 yang jatuh pada 28 Januari 2017 mendatang, warga Tionghoa di Gresik menggelar ritual memandikan patung dewa. Ritual itu seperti terlihat di Klenteng Kim Hin Kiong, Gresik, kemarin.

Selain patung, sejumlah perlengkapan ritual juga turut dimandikan menggunakan sabun. Demikian juga dengan ruangan serta lantai klenteng, semua dibersihkan.

“Tujuan bersih-bersih agar saat para dewa kembali turun pada 4 bulan 1 mendatang, para dewa merasa senang tempat tinggalnya bersih,” ujar salah seorang warga Tionghoa yang ditemui di lokasi.

Warga Tinghoa membersihkan patung dewa di Klenteng Kim Hin Kiong, Gresik. (Foto: BG/Kurniawan)

Tidak hanya dimandikan menggunakan sabun, patung dewa dan sejumlah peralatan ritual di Klenteng Kim Hin Kiong juga dimandikan menggunakan air kembang, termasuk ruangan dan lantai.

Ketua Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Budi Prasetya Tejo menjelaskan, sejak tanggal 24 bulan 12 tahun Imlek, para dewa naik ke nirwana. Lalu para dewa kembali turun pada 4 bulan 1 mendatang.

Melalui ritual ini, dewa diyakini akan selalu memberkati dan melapangkan rezeki untuk warga Tionghoa. “Ini biasa kami lakukan jelang Imlek. Ya, juga penghormatan kepada para dewa,” tandas Budi. (wan)