AMP Extension page

Warga Gresik Diminta Aktif Laporkan Pungli

No comment 1436 views

Pelantikan Satgas Saber Pungli Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengajak semua elemen masyarakat dan seluruh jajaran di pemerintahan Kabupaten Gresik untuk menolak segala bentuk praktek pungutan liar (pungli). Masyarakat harus berani menolak dan segera melaporkannya jika menemukan praktek pungli di lapangan.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Bupati Sambari usai mengukuhkan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), Rabu (22/11/2017). Ketua pelaksana tim Saber yakni Kompol Wahyu Pristha Utama selaku Wakapolres Gresik.

Kendati demikian, Bupati Sambari menjelaskan bahwa langkah Satgas Saber Pungli Gresik terhadap pelaku pungli sudah bekerja sebelum dilakukan pengukuhan. “Orang yang bersangkutan telah kami tindak dan kami berikan sanksi sesuai undang-undang yang berlaku,” kata Bupati.

Sambari juga memgaku telah mewanti-wanti kepada seluruh instansi dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui surat yang dilayangkan agar tidak melakukan tindakan atau praktek pungli.

“Surat telah kami sebarkan kepada semua jajaran untuk jangan sekali-kali melakukan praktik transaksional yang mengarah ke praktik pungli,” tegasnya.

Terkait sasaran Saber Pungli, Sambari mengaku tidak ada instansi yang dibidik. Namun, pemberantasan pungli akan dilakukan di semua sektor, besar atau kecil. “Saya tidak akan nebak-nebak (Instansi mana yang rawan pungli), semua sektor, tidak akan pandang bulu,” ujarnya.

Dia berharap Satgas Saber Pungli yang baru saja dikukuhkan melaksanakan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi. Sementara bagi masyarakat yang menemukan praktik pungli, ia minta untuk melapor. Sambari menjanjika reward bagi pelapor pungli.

“Begitu pun bagi para ASN yang menemukan praktek pungli dan melaporkan, maka akan naik pangkat satu tingkat. Tentunya semua itu harus disertai dengan bukti yang jelas dan akurat,” ucapnya.

Selain itu, Satgas Saber Pungli juga diminta untuk melakukan pengawalan dan pengawasan maksimal agar penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) sesuai dengan peruntukannya dan tepat sasaran.

“Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembinaan dan bimbingan terhadap pihak terkait agar Gresik selalu kondusif dan aman,” pungkasnya. (iis/as)

No Response