Bupati Gresik Lantik Tim Saber Pungli

0
46 views
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat melantik Tim Saber Pungli. (Foto: Humas Polres Gresik)

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten Gresik bersama Kapolres Gresik, TNI dan Kejaksaan membentuk tim Saber Pungli. Tim ini dibentuk untuk memberantas dan mengantisipasi praktik pungutan liar (Pungli) di lingkungan Kabupaten Gresik.

Tim yang beranggotakan polisi, TNI, Kejaksaan dan PNS ini dilantik langsung oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto di Gresik, Rabu (22/11/2017) pagi.

Kapolres Gresik AKBP Boro Windu Danandito, yang pernah menjadi penyidik KPK menjadi salah satu penanggung jawab Tim Saber Pungutan Liar. Sementara Kompol Wahyu Prista Utama, Wakapolres Gresik menjadi Ketua Tim Siber Pungli.

Di kesempatan itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengingatkan bahwa selama ini sudah ada beberapa PNS di Gresik yang terbukti terlibat Pungli. Bahkan pihaknya juga sudah menurunkan jabatan PNS yang terbukti melakukan pungutan liar.

“Bahkan saya pernah memecat PNS, karena merusak nama baik Pemkab Gresik,” kata Sambari.

Pembentukan tim saber Pungli ini sebagai atas banyaknya keluhan praktik pungli sejak dua tahun terakhir, baik di lingkungan pendidikan hingga saat penerimaan tenaga honorer di beberapa dinas di Kabupaten Gresik.

“Saber Pungli harus berani menindak dan mencegah perilaku Pungli yang akhir-akhir sangat meresahkan masyarakat,” tegasnya.

Tim Saber Pungli ini juga dibentuk untuk meningkatkan pelayanan di Kabupaten Gresik, khususnya dalam pelayanan publik. Selain pelayanan dalam pemerintahan, juga pelayanan masyarakat dalam memperoleh perlindungan keamanan.

Hal ini juga terkait dengan Polres Gresik yang sudah mendapatkan wilayah zona integritas bebas korupsi. (as)