Tangkap Ikan Pakai Cantrang, Kapal Ikan Asal Lamongan Diamankan Nelayan Bawean

0
38 views
Ilustrasi jaring cantrang

BeritaGresik.com –¬†Sejumlah nelayan di Desa Sawah Mulya, Kecamatan Sangkapura Bawean, Kabupaten Gresik mengamankan perahu nelayan asal Blimbing, Kabupaten Lamongan yang tengah melaut di sekitar parairan Pulau Bawean.

Para nelayan Bawean kesal lantaran sudah banyak rumpon (rumah ikan) milik nelayan setempat yang dipasang di laut lenyap. Hilangnya rumpon nelayan Bawean itu diduga akibat tersapu jaring cantrang milik nelayan dari luar Bawean tersebut.

Perahu milik nelayan Lamongan tersebut kemudian diminta untuk menepi ke bibir pantai Pulau Bawean guna mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Tidak berselang lama, warga Bawean akhirnya mengamankan satu kapal nelayan dengan jumlah ABK 11 orang itu ke kantor Pol Air Sangkapura Bawean untuk menyelesaikan permasalahan terkait hilangnya rumpon nelayan.

Kapal nelayan asal Lamongan tersebut diketahui sudah melanggar batas area tangkapan yang hanya diperbolehkan menangkap ikan dengan radius 60 mil laut dari perairan Lamongan. Apalagi sejumlah dokumen kapal tersebut juga sudah mati.

Musa, nakhoda kapal nelayan asal Lamongan mengaku sudah tiga hari melaut di perairan Pulau Bawean Gresik, dengan radius sekitar 9 mil lalut menggunakan jaring cantrang.

Dia juga mengakui bahwa jaring cantrang yang digunakannya mampu menyapu dan menjangkau hingga ke dasar laut, sehingga dapat menyapu sejumlah rumpon milik nelayan di Pulau Bawean.

“Ia saya gunakan jaring cantrang, jangkauannya bisa sampai ke dasar laut”, kata Musa saat ditemui di kantor Pol Air Bawean, Jumat (22/9/2017).

Kendati demikian, lanjut Musa, pihaknya juga merasa lega lantaran tidak ada tindakan kekerasan dari nelayan setempat yang merasa dirugikan. “Saya legowo, penyelesaiannya mengganti sejumlah kerugian nelayan setempat, tidak ada tindakan kekerasan,” imbuhnya.

Kedua kubu nelayan tersebut akhirnya melakukan sejumlah kesepakatan, antara lain nelayan asal Lamongan harus mengganti kerugian nelayan lokal Bawean yang sudah kehilangan rumpon ikan akibat tersapu jaring cangkrang. (abr)