1212 Penumpang Arus Balik dari Bawean Tiba di Pelabuhan Gresik

Para penumpang arus balik dari Pulau Bawean tiba di Pelabuhan Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Puncak arus balik angkutan antar pulau terjadi di Pelabuhan Gresik seminggu pasca Hari Raya Idul Fitri. Sebanyak 1.212 penumpang arus balik dari Bawean yang diangkut tiga kapal tiba di pelabuhan Gresik pada Jumat (22/6/2018) sore.

Kapal milik ASDP Giliiyang menurunkan sebanyak 615 penumpang, kapal cepat Express Bahari mengangkut sebanyak 382 penumpang dan kapal Natuna Express menurunkan 215 penumpang.

Kepala Syahbandar Pelabuhan Gresik Agustinus Maun mengatakan, ketiga kapal tersebut berhasil berlayar dan tiba di Pelabuhan Gresik dengan selamat meski kondisi cuaca sempat memburuk.

Beberapa hari yang lalu ketiga kapal laut yang biasa melayani penyeberangan Gresik-Bawean dan sebaliknya sempat tak mendapatkan izin berlayar karena sfesifikasi kapal tidak layak berlayar disaat gelombang mencapai 2,5 meter.

“Dan sejak angkutan arus balik lebaran ini, baru hari ini tiga kapal diberangkatkan semuanya, karena untuk mengangkut penumpukan pemudik di Bawean yang belum bisa balik menuju Pulau Jawa,” terang Agustinus Maun.

Aguatinus juga mengungkapkan, bahwa gelombang tinggi kemungkinan terjadi pada tangal 24 Juni yang mendatang. Jika gelombang kembali tinggi, pelayaran dari Pelabuhan Gresik ke Pelabuhan di Bawean dan sebaliknya akan ditutup lagi.

Untuk diketahui, jarak Pulau Bawean dari Pelabuhan Gresik yang mencapai 80 mil oleh kapal Giliiyang di tempuh selama sembilan jam. Sedangkan untuk Express Bahari dan Natuna Expres membutuhkan waktu tiga hingga empat jam. (as)

No Response