Jelang Lebaran, Warga Gresik Senang Jalan Sepi dari Truk

0
289 views
Jalanan Gresik saat Satnarkoba Gresik bagi-bagi brosur ke pengguna jalan. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Pemberlakuan larangan melintas bagi angkutan barang atau truk pada musim mudik Lebaran 2017 oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai H-4 hingga H+4 Lebaran disambut baik oleh warga di kabupaten Gresik.

Sebagai kota industri, truk angkutan barang yang melintas di wilayah Gresik tak dapat dihindari lagi. Panas, polusi dan perasaan was-was akan kecelakaan saat melintas bersamaan dengan Truk muatan yang melintas kerap dirasakan warga Gresik.

Namun demikian, pada Rabu pagi (21/6/2017), kondisi jalanan di wilayah Gresik tanpa truk terasa berbeda bagi warga Gresik.

Sigit (35), warga Gresik mengaku merasa lebih tenang saat melintas di jalanan tanpa truk. ”Ia, enak sekali hari ini gak ada truk lewat, jalanan jadi longgar beda dengan hari biasanya saat berangkat kerja,” kata Sigit, Rabu (21/6/2017).

Seperti di sepanjang jalan Manyar-Gresik, tampak tidak ada truk muatan yang melintas, hanya terlihat kendaraan bermotor kecil seperti sepeda motor, mobil dan bus angkutan umum.

Hal serupa dirasakan karyawan pabrik yang melintas di jalan Manyar-Gresik, Khozin (25). Dia juga merasa lebih nyaman berangkat dan pulang kerja saat jalanan tanpa dilalui oleh truk berukuran besar.

“Jelas nyaman sekali, jarang-jarang Gresik sepi begini jadi gak perlu macet dan nempel di belakang truk besar-besar pas berangkat kerja,harusnya pemerintah daerah memberlakukan juga truck free day untuk hari-hari tertentu bukan hanya saat jelang Lebaran saja,” ucapnya. (vivi)