Sudah Rekam, Ribuan Warga Gresik Belum Terima E-KTP

0
195 views
Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). (Foto: BG/AS)

BeritaGresik.com – Ribuan warga Gresik belum menerima kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP), meskipun sudah selesai melakukan proses perekaman data diri. Keterlambatan ini dipicu kekosongan blanko di Kantor┬áDinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Gresik.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Gresik, Hermanto Sianturi mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum bisa memastikan kapan blanko E-KTP tersedia. Untuk itu, pihaknya menungu kepastian dari pemerintah pusat.

“Ini karena sampai saat ini belum ada informasi pasti dari pemerintah pusat. Meski begitu, Dispendukcapil memastikan tetap mengeluarkan surat keterangan pengganti KTP-E,” kata Hermanto di Gresik seperti dilansir Antara, Rabu (22/3/2017).

Dia menyebutlan, saat ini ada sekitar 43 ribu masyarakat di Kabupaten Gresik yang belum mendapatkan E-KTP. Mereka sudah melakukan perekaman dan 100%. Bahkan? datanya dikatakan sudah siap cetak.

Selain itu, ada juga sebanyak 7.300 warga yang datanya belum siap cetak dan masih dalam proses menunggu pemerintah pusat. Saat ini jumlah yang datanya belum siap cetak masih menunggu verifikasi ulang untuk menuju siap dicetak.

“Kami sampai saat ini masih menerima perekaman masyarakat. Meski tidak bisa langsung jadi, dan hanya mengeluarkan surat keterangan yang fungsinya sama seperti KTP-E,” ujarnya.

Mengantisipasi keterlambatan itu, pihak Dispendukcapil Gresik mengeluarkam surat pemgganti E-KTP. Untuk itu, pihak Dispendukcapil meminta setiap lembaga dan instansi agar tidak menolak warga yang menggunakan surat pengganti E-KTP. (ant/as)