Mengintip Persiapan Warga Bawean Memyambut Malam Lebaran

0
201 views
Warga di dusun Dedawang, desa Telukjatidawang, Tambak Bawean, sedang membuat miniatur masjid menyambut malam Lebaran. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Sekumpulan pemuda terlihat begitu sibuk bergotongroyong membuat miniatur masjid. Ada yang menyiapkan bahan yang diperlukan, ada pula yang mengecat bagian kerangka masjid mini yang sudah selesai dikerjakan.

Kesibukan itu tanpak terlihat di halaman masjid Dedawang, Telukjatidawang, Kecamatan Tambak Bawean, Kabupaten Gresik. Miniatur masjid yang dibuat dari kayu dan sejumlah bahan lainnya itu nantinya akan diarak pada malam Lebaran Idul Fitri.

Menurut Fatsun, salah satu pemuda yang ikut membuat miniatur masjid itu mengatakan, setelah seluruh pembuatan selesai, miniatur itu nantinya akan dihias dengan lampu warna warni, sehingga tanpak menyerupai masjid sungguhan.

“Pada Lebaran tahun ini kita sengaja membuat miniatur masjid menyerupai masjid yang ada di dusun kami, yakni dusun Dedawang. Ini berbeda dengan tahun sebelumnya,” kata pria yang akrab disapa Fat, Rabu malam (21/6/2017).

Menurut dia, miniatur tersebut nantinya akan diarak pada malam Lebaran berkeliling kampung, dan diiringi lantunan takbir. Kemudian dibawa ke suatu lokasi untuk dilombakan dengan miniatur hasil kreasi dari dusun lain yang ada di desanya.

Tradisi membuat miniatur bangunan seperti itu sudah berlangsung sejak lama setiap menyambut malam Lebaran. “Nantinya juga ada tim panitia tingkat desa yang akan menilai hasil kreasi tersebut,” ucapnya. (as)