PCNU Gresik Perkirakan Awal Ramadhan 27 Mei 2017

0
183 views
Ilustrasi rukyatul hilal (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – 1 Ramadhan 1438 Hijriyah dipastikan jatuh pada Hari Sabtu 27 Mei 2017 karena ketinggian hilal (bulan) pada Jumat sore 26 Mei 2017 dari pemantauan di wilayah Gresik berada di ketinggian 7 hingga 9 derajat di atas ufuk.

Menurut Ketua Lajnah Falakiyah PCNU Gresik, Abdul Muid, dengan ketinggian hilal 7 sampai 9 derajat tersebut, bisa dipastikan hilal tidak akan terlihat dengan mata (rukyat) pada hari Kamis.

“Kamis sore hilal tidak mungkin terlihat, kalaupun ada itu bukan hilal karena ijtimak terjadi pada hari Jumat pagi jam 2:00. Jadi, Insya Allah, 1 Ramadhan jatuh pada hari Sabtu,” tegasnya, Minggu (21/5/2017.)

Abdul Muid menambahkan, untuk wilayah Gresik dan sekitarnya, waktu Maghrib atau terbenam matahari pada Jumat mendatang terjadi antara pukul 17:20 WIB hingga 17:25 WIB.

Untuk memastikannya, tim Lajnah Falakiyah PCNU Gresik bersama tim Kementerian Agama setempat akan mengadakan kegiatan Rukyatul Hilal (memantau hilal) di Balai Rukyat Condrodipo Desa Kembangan Kecamatan Kebomas, Jumat (26/5/2017.)

Hasil pemantauan Hilal di Gresik dan di beberapa lokasi lain di seluruh Indonesia tersebut akan dibawa ke Sidang Itsbat Kementerian Agama RI. “Jadi, kepastian tanggal 1 Ramadhan tetap menunggu keputusan Menteri Agama, ujar Abdul Muid.

Abdul Muid memperkirakan akan banyak lokasi pemantauan rukyat yang dapat melihat hilal jika cuaca cerah. Apalagi, pada Jumat mendatang dipastikan tidak akan terjadi gehana. (wan)