AMP Extension page

Siapkan Kamera Tembak, Polisi Gresik Incar Kendaraan Ugal-ugalan

Petugas saat membidik target dengan speed gun. (Foto: BG/amn)

BeritaGresik.com –┬áSatlantas Polres Gresik kembali mengeluarkan inovasi baru berupa Speed Gun atau kamera tembak. Kamera ini disiapkan untuk mengincar kendaraan yang kebut-kebutan di jalan. Kecepatan, plat nomor dan jarak tempuh akan tercatat secara otomatis. Inovasi ini untuk menekan angka kecelakaan di Kabupaten Gresik.

Kasat Lantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto melalui Kanit Patroli Ipda Suryono menyampaikan, inovasi ini untuk meminimalisir angka kecelakaan. Terutama di jalur Balck Spot. Pengambilan gambar melalui Speed Gun dapat dilakukan dengan jarak tempuh 100-200 meter.

Alat tersebut rencananya akan difungsikan di beberapa jalur rawan kecelakaan. Seperti di Jalan Manyar, Ambeng-ambeng, Duduksampeyan, Jalan Banjarsari, Cerme dan jalur di wilayah utara. “Bagi yang terekam dengan kecepatan tinggi langsung dilakukan penilangan,” ujar Suryono, Senin (20/11/2017).

Suryono mengatakan, banyak kecelakaan yang terjadi akibat laju kendaraan terlalu kencang seperti di Jalan Duduksampeyan. Beberapa kali kendaraan besar ketahuan melaju dengan kecepatan tinggi, bahkan melewati garis marka. “Akibatnya apa, terjadi tabrakan,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat kamera tembak difungsikan, ada beberapa anggota yang standby dengan jarak 1 km dari lokasi penembakan. Kemudian, hasil rekam secara otomatis akan terkirim melalui aplikasi handphone anggota lalu lintas yang lain. Pelanggar akan dikejar dan ditilang.

Hasil rekam tersebut nantinya dijadikan barang bukti otentik saat sidang tilang di pengadilan, sehingga para pelanggar tidak bisa lagi mengelak. Dengan inovasi ini, angka kecelakaan di Kabupaten Gresik diyakini akan turun. “Terutama kendaraan roda dua yang kerap kebut-kebutan di jalan,” sambung dia.

Dengan alat tersebut, pihaknya berhatap para pengendara tidak lagi ugal-ugalan di jalan, sebab setiap jalur ada batas kecepatan. Pihaknya juga bakal memasang rambu-rambu batas kecepatan di beberapa lokasi yang kerap terjadi kecelakaan. “Jika saat kondisi hujan, penembakan bisa dari atas pos mobile,” tandasnya. (amn/as)

No Response