Puluhan Prajurit Kodim Gresik Dites Urine

No comment 1762 views

Prajurit TNI AD Kodim 0817 Gresik saat menyerahkan urine ke anggota BNNK Gresik. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com – Puluhan prajurit TNI AD yang berdinas di Kodim 0817 Gresik dilakukan tes urine dadakan. Tes urine yang dilakukan di aula Makodim ini bertujuan untuk memberantas peredaran narkoba dilingkungan tentara. Pasalnya, Indonesia dinyatakan darurat narkoba.

Dandim 0817 Gresik Letkol Kav Widodo Pujianto melalui Pasi Intel Kapten Inf Kusmadi menjelaskan, pemberantasan narkoba harus dilakukan di semua lini. Hal itu sesuai intruksi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang menyatakan prajurit TNI harus bebas dan bersih dari narkoba.

Dia menyebutkan, sebnayak 50 orang yang mengikuti tes urine. Mereka terdiri atas prajurit dan PNS TNI. Tes urine bakal dilakukan rutin setiap tiga bulan sekali. Tes urin dilakukan setelah upacara bendera, sehingga tidak ada yang keluar dari lokasi.

“Kami sudah bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Gresik. Kegiatan ini juga tanpa ada pengumuman. Jadi secara mendadak,” ujar Kusmadi, Senin (20/11/2017).

Kepala BNNK Gresik AKBP Supriyanto menyampaikan, hasil tes menunjukkan tidak ada satu pun prajutir TNI maupun PNS TNI terindikasi obat terlarang. Ini menandakan bahwa lingkungan Kodim 0817 Gresim bebas dari narkoba.

“Kami salut karena (prajurit TNI) tidak ada yang terindikasi,” ucapnya.

Supriyanto menambahkan, kegiatan ini sejalan dengan program BNNK Gresik, bahwa Kota Pudak harus bersih dari narkoba. Baik itu di lingkungan pendidikan, pemerintahan, TNI dan Polri. “Semuanya harus bebas narkoba,” pungkasnya. (amn/as)

No Response