Pemkab Gresik Buka Pengaduan Masyarakat Miskin

0
781 views
Pemkab Gresik latih 100 operator untuk melayani pengaduan masyarakat miskin secara online (Foto/gresikkab.go.id)
Pemkab Gresik latih 100 operator untuk melayani pengaduan masyarakat miskin secara online (Foto/gresikkab.go.id)

BeritaGresik.com – Penjabat (Pj) Bupati Gresik, Akmal Boedianto, meluncurkan layanan pengaduan via online untuk masyarakat miskin. Keberadaan layanan ini diharapkan dapat memudahkan pembuat kebijakan dalam merespon keinginan masyarakat.

Harapan itu disampaikan Akmal saat membuka Workshop operator system informasi manajemen penanganan pengaduan masyarakat berbasis Teknologi Informasi yang berlangsung di Ruang Graita Eka Praja, Selasa (20/10).

Dalam kesempatan itu, Akmal menekankan agar operator pengaduan ekstra sabar dalam menerima pengaduan masyarakat, utamanya masyarakat miskin. Sebagai pelayan, mereka diminta melayani rakyat dengan sebaik-baiknya.

“Rangkul mereka, ajak duduk dan dengan penuh kesabaran, ditanya keinginannya dan difasilitasi. Kalau rakyat yang gak miskin, tentu mereka bisa melakukan pengaduan sendiri lewat online,” kata Akmal.

Tak hanya itu, peran operator pengaduan dinilai sangat penting. Akmal menyebut mereka sebagai ujung tombak pengaduan yang ada di masyarakat, serta menentukan sukses tidaknya pelayanan terhadap masyarakat.

“Anda harus punya intelektualitas, kemampuan menyeleksi serta kecepatan dalam menangani dan menyampaikan pengaduan kepada pembuat kebijakan. Kecepatan ini penting, karena akan menentukan kebijakan atas keinginan masyarakat” jelasnya.

Kabag Humas Suyono mengatakan, pengaduan yang ada di Bagian Humas Setda Gresik akan lebih maju dengan memanfaatkan teknologi informasi. Warga maupun pemerintah Desa dan kelurahan dapat menyampaikan pengaduan lewat pengaduan.gresikkab.go.id . [zr]