Lestarikan Seni, Warga Sidomulyo Gresik Gelar Karnaval

0
18 views
Karnaval dan sepeda hias di Desa Sidomulyo, Sidayu, Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Tak bisa dipungkiri jika Indonesia adalah negara yang dilimpahi beragam seni dan budaya. Kekayaan ini perlu terus dilestarikan dan dikembangkan, sehingga keberadaannya dapat semakin dikenal secara luas oleh masyarakat.

Upaya itu yang coba terus dilakukan oleh masyarakat di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik. Lewat momentum perayaan HUT RI ke-72, para pemuda di desa itu mencoba melestarikan seni budaya bangsa lewat karnaval.

Melalui Kegiatan yang mengusung tema “Kebudayaan Dalam Perkembangan Bangsa dan NKRI Harga Mati” itu pula, warga di desa yang dipimpin Mohammad Habib ini menampilkan kesenian lokal dan Jawa Timur seperti Reok Ponorogo.

Tak hanya itu, kegiatan yang digelar Sabtu sore (19/8/2017) itu juga untuk memupuk rasa kebersamaan di tengah keberagaman. Terbukti, dalam event tersebut tanpak begitu kompak para pemuda NU, Ansor dan pemuda Muhammadiyah yakni Kokam.

“Kami kokoh mendukung Perppu No. 2 tahun 2017 dan juga untuk menjaga kebersamaan dalam keberagaman, kerja bersama antara pemuda Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah yang guyub dan rukun,” ucap Kades Sidomulyo, Sidayu.

Dalam kesempatan itu, tanpak ratusan masyarakat Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik, berkeliling desa mengikuti karnaval dan sepeda hias dalam rangka memperingati HUT RI ke-72.

“Dengan momentum kemerdekaan, saya berharap bisa mempersatukan dan membangkitkan rasa nasionalisme masyarakat Sidomulyo,” pungkasnya. (as)