PT Nindya Karya Akui Belum Kantongi Izin Utilitas Terkait Proyek Pipa Gas

0
37 views
Penghentian pemasangan pipa gas PT Nindya Karya Gresik, Rabu (19/4/2017). (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Tata Ruang (TR) Pemkab Gresik menghentian proyek pemasangan pipa gas milik PT. Nindya Karya (NK), Rabu (19/4). Penghentian itu dilakukan karena PT NK belum mengantobgi izin utilitas dari DPU TR.

Menanggapi langkah yang dilakukan DPU TR, General Affair PT. Nindya Karya Gresik, Hanur, mengakui jika sampai saat ini pihaknya belum mengantongi izin utilitas dari DPU dan TR Pemkab Gresik terkait pemasangan pipa gas sepanjang 3,6 kilo meter.

Ia berdalih, jika izin tersebut saat ini tengah diurus di DPU TR Pemkab Gresik. “Kami tengah melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan untuk pengurus izin utilitas tersebut,” terang Hanur, Kamis (20/4/2017).

Hanur mengungkapkan jika pemasangan pipa itu molor dari jadwal. Sesuai kontrak, proyek dimulai 1 Februari dan berakhir pertengahan bulan Juni 2017. Sedangkan hingga bulan April ini pipa baru terpasang sekira 700 meter dari 3,6 km. Kalau dilihat dari progress kami akui minus,” ucapnya.

Untuk itu, Hanur mengakui siap menanggung risiko akibat molornya proyek prmasangan pipa gas tersebut, di antaranya terkena penalti dan denda jika proyek tidak bisa tuntas dikerjakan hingga batas waktu kontrak pemasangan berakhir.

Ditanya soal sosialiasi kepada warga dan UKL/UPL dari BLH (Badan Lingkungan Hidup), Hanur menyatakan, bahwa semua itu sudah beres. “Kami sudah ajak ngomong kepala desa dan warga di enam desa/kelurahan yang dilewati pipa kami,” pungkasnya. (wan)