KPU Gresik Dirikan Rumah Pintar Pemilu untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih

0
61 views
Pembukaan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di Gresik, Kamis (20/4/2017). (Foto: BG/Kurniawan)

BeritaGresik.com – Komisi Pemikihan Umum (KPU) Kabupaten Gresik mendirikan Rumah Pintar Pemilu (RPP), Kamis (20/4/2017). Keberadaan rumah yang diberi nama “Raden Paku” ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu.

RPP merupakan program KPU Pusat untuk media sosialisasi dan edukasi bagi seluruh masyarakat. Ketua KPU Jatim Eko Sasmito mengatakan, Jatim menjadi pilot project RPP. Sebab, Jatim dinilai sebagai daerah yang partisipasinya tinggi dalam pilkada.

“Ada 38 KPU Kab/Kota di Jatim yang akan didirikan RPP ini. Selama ini tingkat partisipasi pemilih Jatim dalam pemilu 60-70%. Diharapkan dengan hadirnya RPP ini akan meningkat pengetahuan dan tingkat partisipasi warga dalam pemilu, terutama pemilih pemula,” jelas Eko Sasmito kepada wartawan.

Dengan anggaran Rp 35 juta bagi tiap-tiap KPU Kab/Kota dari KPU, terang Eko Sasmito, diharapkan ada inovasi dan kreativitas setiap KPU daerah agar masyarakat tertarik untuk datang ke RPP.

KPU Jatim mengapresiasi keberadaan RPP Raden Paku karena dipandang sudah memenuhi standar rumah pintar. Yakni ketersediaan ruang audio visual, simulasi, display dan forum grup diskusi.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Gresik Ach Roni mengatakan, kehadiran RPP di Kabupaten Gresik sangat membantu dan memudahkan tugas KPU Kabupaten Gresik sebagai penyelenggara Pemilu.

“Selama ini KPU Kabupaten Gresik tidak ada dana untuk sosialisasi dan edukasi terutama bagi pemilih pemula, kecuali dalam proses pilkada. Dengan hadirnya program RPP KPU Pusat ini, tugas kami jadi lebih ringan,” jelasnya. (wan)