Sambari Tinjau Pelaksanaan Program 1000 Sumur Bor di Gresik 

Bupati Gresik Sambari meninjau salah satu lokasi sumur bor yang terletak di Desa Wedani, Kecamatan Cerme, Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gunawan Setijadi serta Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono meninjau salah satu lokasi sumur bor yang terletak di Desa Wedani, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, hari ini, Selasa (20/3/2018).

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik saat ini sedang serius merealisasikan program 1000 sumur bor untuk mengantisipasi bencana kekeringan yang masih sering terjadi di sejumlah wilayah pedesaan di Kabupaten Gresik dikala musim kemarau datang.

“Kami Pemerintah Kabupaten Gresik selalu berupaya mencukupi kebutuhan air bagi warga desa yang kerap kekurangan air di musim kemarau,” kata Sambari saat meninjau pelaksanaan program 1000 sumur bor.

Menurut dia pelaksanaan program itu merupakan suatu terobosan yang pandang baik bagi masyarakat. Karena itu, sumur bor diharapkan mampu memenuhi kebutuhan seluruh penduduk di 330 desa dengan total Kepala Keluarga (KK) sebanyak 360.525.

“Diharapkan nantinya di setiap desa minimal akan ada dua sumur bor,” jelasnya.

Dia mengungkapkan Kabupaten Gresik merupakan daerah yang tidak terlalu banyak memiliki air tanah. Karena itu, sumur yang akan dibangun bukan sumur resapan atau sumur dangkal. “Sumur yang kami bangun sumur yang dalam,” ucapnya.

Dia menekankan agar program tersebut dibarengi adanya sinergitas antara Pemerintah Daerah dan masyarakat agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sambari menyempatkan mampir ke salah satu rumah warga untuk melihat kualitas air.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono mengatakan, hingga kini Pemerintah Daerah selalu berupaya menciptakan inovasi dan terobosan yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

Tak hanya itu, Bupati Sambari dikatakan akan mengawasi langsung dan melakukan inspeksi secara mendadak terhadap program yang sedang dilaksanakan. Hal itu akan dilakukan guna menjamin pelaksanaan program berjalan maksimal.

“Pak Bupati (Sambari Halim Radianto) ingin pelaksanaan program berjalan maksimal dan tepat sasaran terhadap masyarakat. Bahkan Pak Bupati akan terus mengawasi dan tak jarang akan melakukan peninjauan secara mendadak,” kata Suyono. (as)

No Response