Dihantam Gelombang, Kapal Tujuan Bawean Kembali ke Gresik

0
1,387 views
Sejumlah penumpang turun dari kapal Express dan kembali ke terminal pelabuhan Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Kapal penumpang Express Bahari yang berangkat dari Pelabuhan Gresik menuju Pulau Bawean terpaksa kembali lagi ke Gresik akibat gelombang tinggi mencapai 3 meter yang melanda Laut Jawa.

Kepala Seksi Kepelabuhanan Adpel Gresik Nanang Afandi, Senin (19/12/2016) mengatakan, tinggi gelombang di Laut Jawa saat ini terpantau tidak stabil, yakni mencapai 2 meter hingga 3 meter.

“Bila gelombang mencapai 3 meter, memang ada larangan untuk kapal penumpang berlayar, baik dari Pulau Bawean maupun sebalikny,” kata Nanang.

Calon penumpang kapal ke Pulau Bawean di terminal pelabuhan Gresik. (Foto: BG/Wan)

Namun demikian, untuk kapal barang tetap diperbolehkan meski gelombang mencapai 3 meter, sebab bahan kapal terbuat dari besi bukan fiber, sehingga dinyatakan aman walaupun terjadi gelombang tinggi.

Karena itu, pihaknya meminta khususnya kepada kapal penumpang untuk tetap waspada terhadap gelombang tinggi, yang terjadi sewaktu-waktu di Laut Jawa.

Kapal Express Bahari sempat berangkat dari Pelabuhan Gresik sekitar 1 jam perjalanan. Namun, kapten kapal memutuskan kembali ke Gresik karena gelombang laut cukup tinggi hingga mencapai sekitar 3 meter.

Muntarifi, anggota DPRD Gresik yang merupakan salah satu penumpang kapal mengakui jika ombak di laut Jawa cukup tinggi. Karena itu, kapten kapal memutuskan kembali ke pelabuhan Gresik.(wan)