41 Warga Desa Paromaan Bawean Dapat Bantuan Jalin Matra

Penyerahan program Jalin Matra di desa Paromaan, Tambak Bawean, Gresik. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Senyum bahagia terlihat di wajah puluhan ibu-ibu penerima bantuan program Jalin Matra Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) di desa Paromaan, Kecamatan Tambak Bawean, Gresik, Kamis (18/10/2018).

Program ini diharapkan mampu meningkatkan ekonomi penerima yang terdiri atas para janda miskin di desa setempat.

Kepala desa Paromaan Kafil Kamsidi mengatakan, penerima program Jalin Matra PFK tahun ini di desanya sebanyak 41 orang. Masing-masing menerima bantuan senilai Rp2,5 juta.

Namun begitu, lanjut Kafil, sesuai mekanisme pemberian bantuan, dana tersebut diberikan dalam bentuk barang sesuai keinginan pihak penerima.

“Pendamping desa menanyakan terlebih dahulu kepada penerima, baru kemudian dibelanjakan sesuai keinginan penerima,” terang Kafil.

Menurut dia, kegiatan Jalin Matra PFK di desanya sudah dipersiapkan sejak lama oleh panitia lokal, mulai proses pendataan, menampung usulan dari masing-masing calon penerima, hingga mewujudkan bantuan dalam bentuk barang sesuai anggaran yang ada.

“Bantuan tidak boleh diberikan dalam bentuk uang, maka sisahnya itu pun harus tetap dibelanjakan lagi sesuai keinginan penerima hingga dana tersebut betul-betul habis,” paparnya.

Bantuan tersebut dinilai sangat membantu bagi pertumbuhan ekonomi warga kurang mampu. Kafil mengibaratkan bantuan itu seperti orang mau mengambil ikan, pemerintah tidak memberikan ikannya melainkan hanya memberikan pancing dan umpannya untuk merangsang warga agar punya semangat berusaha.

“Tahun lalu warga yang menerima bantuan kambing dua ekor, sekarang sudah berkembang biak menjadi delapan ekor bahkan sudah ada yang dijual,” pungkasnya.

Program Jalin Matra PFK di Desa Paromaan tahun ini senilai Rp105 juta. Selain desa Paromaan, desa lain di kecamatan Tambak yang mendapat program itu, yakni desa Sukaoneng, desa Klompang Gubug dan Desa Tambak. (abr)

No Response