PMI Berperan Besar Kurangi Resiko Bencana

0
20 views
Bupati Sambari memberikan penghargaan kepada sukarelawan yang telah mendonorkan darahnya 50 hingga 100 kali. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Palang Merah Indonesia (PMI) dinilai punya peran besar dalam mengurangi resiko bencana yang bisa saja terjadi setiap saat. Karena itu, PMI dirasa perlu untuk terus meningkatkan kerja sama lintas sektor.

Penekanan itu disampaikan oleh Ketua PMI Provinsi Jawa Timur Imam Utomo dalam Peringatan HUT PMI ke-72 yang dilaksanakan Provinsi Jawa Timur di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pemkab Gresik, Selasa (19/9/2017).

“PMI harus terus tingkatkan kerja sama lintas sektoral. Dalam peranannya, PMI harus mampu bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah sebagai bentuk upaya pencegahan terhadap resiko dan penanggulangan bencana,” ujarnya.

Imam menambahkan, peran PMI dalam upaya pencegahan bencana dan penanggulangan terhadap bencana di Tanah Air sangat besar. Utamanya dalam mengurangi resiko bencana.

Di kesempatan yang sama, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan, berbagai kegiatan kemanusiaan dilakukan PMI untuk meringankan penderitaan masyarakat dalam merespon bencana maupun mengurangi resiko bencana.

“Seperti upaya meningkatkan stok darah, mendorong kegiatan terpadu dengan melibatkan masyarakat dalam mengurangi resiko bencana,” kata Sambari.

Dia juga mengungkapkan, wujud dukungan pemerintah kabupaten Gresik terhadap PMI adalah dibangunnya gedung PMI dengan sejumlah fasilitas pendukung yang canggih. Sehingga diharapkan, PMI dapat melayani masyarakat secara maksimal.

Tampak hadir pula dalam kesempatan itu Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim, Sekda Gresik Kng. Djoko Sulistio Hadi, jajaran Forkopimda Gresik, pelajar yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR), Pramuka dan KSR.

Di sela peringatan HUT PMI ke-72, Bupati Gresik memberikan penghargaan kepada sejumlah sukarelawan yang telah mendonorkan darahnya antara 50 hingga 100 kali. (as)