Dilaporkan ke Polres Gresik, Wartawan Sugik Viral di Medsos

0
46 views
Wartawan Harian Surya untuk wilayah Gresik, Sugiono (Sugik). (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Nama Wartawan Sugik mendadak jadi perbincangan hangat di media sosial (medsos) sejak Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Surabaya, Jawa Timur, merilis berita “ALERT! Kriminalisasi Jurnalis Terjadi di Gresik”, Senin (18/9/2017).

Dalam rilis tersebut, Sugik yang nama Aslinya Sugiono merupakan wartawan Harian Surya untuk wilayah Gresik. Sugik dilaporkan ke Polres Gresik pada tanggal 31 Mei 2017 oleh sesama wartawan dalam kasus dugaan pencemaran nama baik menggunakan pasal 45 ayat (3) Jo pasal 27 ayat (3) UU RI No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Rilis Aji tersebut kemudian membuat nama Sugik jadi perbincangan hangat di Medsos dengan kata kunci Wartawan Sugik dan #solidaritasuntuksugik. Salah satu akun Facebook, Dandhy Dwi Laksono misalnya menulis status, UU ITE yang terus memakan korban. Solidaritas untuk Sugik. Status Dandhy Dwi Laksono kemudian dibagikan 27 kali serta disuka 176 orang.

Salah seorang Nitizen berkomentar, “Waduh kasihan juga.Tugas jurnalis semakin berat. UU ITE emang top,” tulisnya, Selasa (19/9/2017). Sementara, Nitizen lainnya menulis, “Di Sibolga kabarnya ada juga pekerja pers yg dikriminalisasi,” katanya.

Di status Zainuddin Zaelani yang dibagikan 13 kali dan disuka 53 orang misalnya, salah seorang Nitizen berkomentar, “Lha itu dia anehnya. Karena apa yg dilakukan Sugik adalah kerja jurnalistik yaitu verfikasi. Ini preseden buruk. Bisa2 semua jurnalis masuk penjara,” tulisnya.

Menanggapi namanya yabg viral di medsos, Sugik hanya berkomentar singkat, “Doane lur. Mugo-mugi keluarga tabah menghadapinya”, tulisnya di pesan Whatsapp. (wan)