Protes Jalan Berdebu, Warga Gresik Bikin Meme Kocak

0
177 views
Meme lucu yang menggambarkan kondisi Jalan Pecuk-Betoyo Manyar yang berdebu seperti padang pasir yang sedang dilintasi tank dan pesawat tempur. (Foto: BG/ Kurniawan)

BeritaGresik.com – Setelah julukan Gresik bertayamum (jalan berdebu) sempat ramai di media sosial (medsos), kini para netizen di Gresik memunculkan meme-meme lucu yang menggambarkan kondisi jalan rusak Betoyo-Pecuk Manyar yang dipenuhi debu.

Salah satu meme yang diunggah netizen itu menggambarkan sebuah tank perang sedang melintasi jalan Betoyo-Pecuk yang mirip gurun pasir. “Itu menggambarkan kondisi jalan Betoyo-Pecuk Manyar yang berdebu dan tak kunjung diperbaiki,” kata Yulianto, warga Kecamatan Manyar kepada BeritaGresik.com, Minggu (19/3/2017).

Sebenarnya, meme-meme ini sudah muncul sejak jalan tersebut dikeluhkan karena banyak berlubang. Saat itu warga menjuluki jalan betoyo-pecuk sebagai “Jeglongan Sewu”. Salah satu meme yang sempat menjadi viral adalah gambar dimana terdapat kuda nil yang sedang berendam di kubangan jalan Betoyo-Pecuk.

Bagi Yulianto, meme tersebut merupakan kritik konstruktif (membangun) yang ditujukan kepada pemerintah. Ia berharap meme-meme dari netizen mampu membuka mata dan telinga pemerintah sehingga jalan Betoyo-Pecuk segera dilakukan pengaspalan.

“Jujur saja, pemerintah pasti tahu berapa kerugian yang diderita masyarakat akibat kerusakan jalan yang sudah berjalan hampir 5 bulan. Bahkan? beberapa waktu lalu pejabat Provinsi Jatim, Gus Ipul, sempat membagi-bagikan masker kepada para pengendara,” jelasnya.

Yuliantoeabahkan, masyarakat tidak butuh masker, tapi butuh perbaikan jalan. Ia juga meminta agar kondisi jalan tak dijadikan ajang tebar pesona untuk kampanye. “Nek pemerintah membiarkan kerusakan itu terus berlarut dan tak kunjung diperbaiki yo kebarus (keterlaluan),” pungkasnya. (wan)