Kelompok Nelayan Daun Rampak di Bawean dapat Bantuan 8000 Bibit Ikan

Kelompok Nelayan Daun Rampak di Bawean saat menerima bantuan ratusan rumah ikan dan ribuan bibit ikan dari DKP Jawa Timur. (Foto: BG/Zr)

BeritaGresik.com – Upaya budidaya ikan laut yang selama ini dilakukan Kelompok Nelayan Daun Rampak di kawasan bibir pantai Desa Daun, Kecamatan Sangkapura Bawean, Kabupaten Gresik, rupanya mendapat perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Itu terlihat dari besarnya bantuan yang disalurkan pemerintah dalam dua tahun terakhir. Bahkan, tahun ini, kelompok nelayan tersebut kembali mendapatkan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur.

Ketua Kelompok Nelayan Daun Rampak H. Dirman Fauzi mengungkapkan, pada tahun ini bantuan yang diberikan DKP Provinsi Jatim kepada kelompok nelayan yang dipimpinnya itu berupa 420 unit rumah ikan dan 8000 bibit ikan kerapu.

Pemasangan rumah ikan yang diperoleh dari bantaun DKP Jatim. (Foto: BG/Zr)

“Bantuan ini merupakan tahap kedua. Bantuan tahap pertama tahun 2017 sebanyak 170 mudul/unit rumah ikan per satu titik dan bibit ikan kerapu sebanyak 8000,” papar pria yang akrab disapa H. Jirman itu di Pulau Bawean, Minggu (18/11/2018).

Menurut dia, kelompok nelayan yang melakukan budidaya ikan kerapu di kawasan Pelabuhan Nelayan Tambhelleng Beto Elong Ghunong Laok, Dusun Daun laut, Desa Daun, ini sudah tiga kali memperoleh bantuan berupa bibit ikan kerapu dari pemerintah.

“Dinas telah memberikan bantuan bibit ikan kerapu sudah tiga kali dengan yang sekarang ini,” ujarnya.

Program budidaya ikan di Desa Daun ini merupakan pilot project di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. Hal itu nantinya diharapkan menjadi Bank Ikan.

Kendati area titik rumah ikan berada di kawasan bibir pantai, warga tidak boleh menangkap ikan secara sembarangan. Warga hanya dibolehkan memancing di sekitar area rumah ikan kerapu tersebut dengan radius minimal 200 meter.

“Jadi, warga boleh memancing sekitar area tersebut dengan radius minimal 200 meter dari batas pelampung yang sudah dikasih rambu-rambu oleh pengurus Kelompok Nelayan Daun Rampak,” tutur H. Jirman. (zr)

No Response