Panser Buatan Dalam Negeri Ikut Ramaikan Karnaval di Gresik

0
17 views
Kendaraan tempur Panser ikut ramaikan karnaval kemerdekaan di Gresik. (Foto: BG/Amn)

BeritaGresik.com –¬†Pemkab Gresik mendatangkan kendaraan tempur milik TNI Angkatan Darat pada karnaval perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Ada empat kendaraan tempur yang hadir, yakni dua buah tank dan dua panser.

“Empat kendaraan tempur itu didatangkan dari Batalyon Kavaleri 3 Malang,” kata Suyono, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik,” Jumat (18/7/2017).

Menurut Suyono, ide mendatangkan empat kendaran tempur dalam karnaval datang dari Bupati Gresik Sambari Halim Radianto. Tujuannya, mengenalkan alutsista milik TNI pada warga Gresik. Karena selama ini alat tempur itu hanya bisa dilihat di televisi.

Dua buah tank tempur yang diikutkan dalam karnaval adalah buatan Perancis tahun 1963. Sementara mesinnya diperbaharui pada 2016 lalu. Satu tank jenis AMX 12 APC dengan kemampuan dapat menampung sekitar 10 personil.

Sementara satu tank AMX 13 jenis Canon dengan kapasitas 3 personil. Masing-masing tank dilengkapi senjata dengan jangkauan tembak hingga radius 6 km. “Masing masing tank memiliki kecepatan laju 60 km,” Kata Kopda Khairul, anggota TNI dari Batalyon Kavaleri 3 Malang.

Adapun dua panser yang didatangkan dalam karnaval kemerdekaan di Gresik, satu di antaranya adalah buatan Korea Selatan. Sementara satu lainya merupakan karya putra dan putri terbaik bangsa Indonesia yang diproduksi di PT Pindad.

“Panser buatan dalam negeri yang dibuat pada 2009 yang lalu itu dilengkapi dengan teknologi canggih, serta mampu menembakkan peluru hingga jarak 2 km,” kata Prada Parlan Permana yang bertugas di bagian bengkel alat tempur.

Permana menambahkan bahwa lapisan baja di panser karya anak Indonesia ini memiliki ketebalan mencapai 6 milimeter.

Rute yang akan dilalui peserta karnaval kemerdekaan ini, dimulai dari Kantor Pemkab Gresik melewati Jalan Dr. Wahidin, Jalan Dr Soetomo dan berakhir di Wahana Ekpresi di Jalan Jaksa agung gresik. (amn)